Meneguk Manfaat dari Air Rebusan Daun Mangga

Manfaat air rebusan daun mangga
(Foto: Freepik)

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, tetapi bagian lain dari mangga pun punya manfaat kesehatan yang tidak sedikit. Daun mangga, misalnya. Bagian ini sering disingkirkan orang karena dianggap tidak punya faedah. Ternyata anggapan ini salah.

Pada kenyataannya, daun mangga punya manfaat untuk kesehatan. Di beberapa daerah, air rebusan daun mangga diminum untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

“Berdasarkan Ayurveda, berbagai pengobatan populer banyak yang menggunakan mangga.” Demikian hasil studi K. A. Shah, M. B. Patel, R. J. Patel, dan P. K. Parmar pada tahun 2010 seperti dilansir Southern Living.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mangga bisa menjadi antidiabetes, antioksidan, antivirus, dan anti-bengkak. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mangga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperkecil risiko diabetes. Berikut ini beberapa manfaat minum air rebusan daun mangga secara teratur.

Mengatasi masalah pernapasan

Manfaat air rebusan daun mangga
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Asma dan bronkitis adalah dua dari beberapa masalah pernaapasan yang sangat mengganggu. Bahkan bisa berakibat fatal. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa minum air rebusan daun mangga secara teratur.

Mengobati disentri

Manfaat air rebusan daun mangga
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Pada umumnya, disentri terjadi selama 3—7 hari dengan tanda-tanda seperti kram perut, mual, muntah, dan demam. Untuk mengobati penyakit ini, kamu bisa menggunakan daun mangga. Caranya adalah keringkan daun mangga terlebih dahulu di bawah sinar matahari dan rebus. Air rebusannya diminum selama beberapa hari hingga disentri hilang.

Obat kumur

Manfaat air rebusan daun mangga
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Bau mulut adalah masalah yang serius. Masalah ini bisa diatasi dengan daun mangga. Mengapa? Karena daun mangga mengandung komponen bernama tannin yang mirip dengan yang ada di dalam daun sirih. Komponen inilah yang dapat mengatasi masalah bau mulut. Caranya: rebus daun mangga yang sudah tua hingga air rebusan berwarna kekuningan. Ambil airnya dan berkumurlah. Lakukan secara rutin.

Mengatasi batuk dan demam

Manfaat air rebusan daun mangga
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Penyakit yang sering muncul pada musim hujan, antara lain, adalah flu, batuk, dan demam. Cara mengatasinya sangat mudah. Cukup rebus daun mangga dan minum airnya. Flu, batuk, dan demam akan segera teratasi.

Mengontrol diabetes

Manfaat air rebusan daun mangga
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Daun mangga mengandung pektin, serat, dan vitamin C. Nutrisi ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Itu berarti bahwa minum air rebusan daun mangga secara rutin dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, melancarkan distribusi glukosa, dan menstabilkan tingkat gula darah. Caranya: rebus 15 lembar daun mangga segar dalam 100-150 ml air. Diamkan semalaman dan minum saat sarapan.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry