Memuji Tuhan dari Atas Bukit di Pulau Padar

Pesona Pulau Padar, Nusa Tenggara, Timur
Pesona Pulau Padar (Foto: nizarnizar.com)

Di Indonesia, tidak banyak orang yang tahu pulau ini. Hanya sebagian warga Flores, khususnya Manggarai, Labuan Bajo, dan sekitarnya, dan para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang tahu pulau ini. Hanya para traveler yang pernah mengunjungi Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, yang tak habis-habisnya memuji kecantikan pulau ini.

Yang orang tahu adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Dua pulau itu selalu ada di ujung bibir orang-orang yang terpesona pada komodo, binatang purba dari keluarga Varanidae itu. Kadal terbesar di dunia dengan bobot hampir 100 kg itu memang mendiami dua dari beberapa pulau yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo itu.

Pesona Pulau Padar, Nusa Tenggara, Timur
Laut yang jernih di bawah bukit batu yang kokoh (Foto: nizarnizar.com)

Pulau yang pesonanya sudah terkenal hingga ke seluruh dunia itu adalah Pulau Padar. Ini adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Letaknya lebih dekat dengan Pulau Rinca. Keduanya dipisahkan oleh Selat Lintah.

Pulau ini sudah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Gili Motang. Namun, di pulau ini tidak ada komodo karena terputusnya rantai makanan. Meskipun demikian, pulau ini tetap punya sesuatu yang membuatnya begitu istimewa.

Pesona Pulau Padar, Nusa Tenggara, Timur
Untuk menikmati keindahannya, kamu harus mendaki ke puncak bukit (Foto: niarnizar.com)

Pesona pulau ini terletak pada panoramanya yang benar-benar menawan. Menyimpan selaksa keindahan. Tak ubahnya sekeping surga yang diletakkan Tuhan di ujung timur Indonesia.

Untuk menikmati seluruh keindahan pulau ini, kamu harus naik ke atas bukit tertinggi; menapaki satu demi satu anak tangga; berkelok-kelok; naik-turun; hingga akhirnya sampai di atas cadas. Dari kejauhan, kata banyak orang, barisan bukit itu mirip dinosaurus, si hewan purba itu.

Pesona Pulau Padar, Nusa Tenggara, Timur
Pemandangan dari atas bukit (foto: nizarnizar.com)

Di atas bukit itulah, keindahan seperti tersaji begitu saja di depan matamu. Perpaduan laut biru, pasir putih, dan barisan bukit kecokelatan yang mempesona. Perpaduan yang harmonis. Banyak tidak berhenti kagum dan memuji Sang Pencipta atas karunia ini.

Pulau tak berpenghuni ini adalah seperti sebuah lukisan dari Sang Seniman Agung. Lukisan tentang lengkungan-lengkungan yang tegas bak lengan raksasa. Di antara lengan-lengan itu terhampar pantai yang indah. Lihatlah birunya laut dan putihnya pasir di bibir pantai. Lalu angkat matamu dan pandanglah hamparan rumput kecokelatan yang mengering di bawah siraman matahari. Dengan bahasa apa lagi engkau melukiskan mahakarya ini?

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry