Memilukan! Perempuan Ini Lahir Tanpa Rahim

News | 30 March 2021
Memilukan! Perempuan Ini Lahir Tanpa Rahim
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sama seperti perempuan lain, dia pun ingin menjadi perempuan seutuhnya. Bisa mengandung dan melahirkan anak kelak. Namun, ternyata keadaannya berbeda.

Dia, Amanda Jones, mengira bahwa dia baik-baik saja seperti perempuan lainnya. Ketika teman-temannya sudah mengalami menstruasi dan dia belum, dia merasa bahwa apa yang dialaminya hanyalah sebuah gangguan kecil.

“Saya adalah satu-satunya gadis seusia saya dan satu tahun di bawah saya di sekolah yang belum menstruasi meskipun saya sudah memasuki masa pubertas,” kata seperti dikutip YUKK dari metro.co.uk.

Memilukan! Perempuan Ini Lahir Tanpa Rahim
Amanda pada usia 14 tahun (Foto: PA Real Life via metro.co.uk)

Pada awalnya dia memang merasa bahwa itu hanyalah sebuah gangguan kecil. Namun, dia mulai khawatir ketika pada bulan-bulan berikutnya dia tidak juga kunjung haid. Akhirnya, pada tahun 2003 lalu, pada usia 14 tahun, dia direkomendasikan untuk menjalani pemeriksaan pada dokter kandungan.

“Saya dirujuk ke dokter kandungan dan menjalani laparoskopi dimana mereka memasang kamera ke perut Anda melalui sayatan kecil di perut tepat di atas pusar Anda. Mereka telah melihat-lihat dan mereka tidak menemukan apa pun. Saya diberitahu bahwa rahim saya benar-benar tidak ada,” ungkapnya.

Memilukan! Perempuan Ini Lahir Tanpa Rahim
Amanda pada usia 14 tahun (Foto: PA Real Life via metro.co.uk)

Dokter mengatakan kepadanya bahwa dia mengalami sindrom Mayer Rokitansky Küster Hauser (MRKH). Itu adalah sebuah kondisi tidak normal yang sangat langka. Menurut data Layanan Kesehatan Inggris (NHS), sindrom ini terjadi pada 1:5.000 perempuan.

“Ibuku menangis ketika kami mengetahuinya. Bayangkan aku harus menerima kenyataan itu pada usia 14 tahun,” katanya.

Dia didiagnosis mengidap MRKH tipe satu. Rahimnya tak berkembang dan kedalaman vaginanya hanya 2 cm. Ovariumnya memang sehat. Namun, lantaran tidak memiliki rahim, dia tidak pernah mengalami ovulasi atau menstruasi.

Memilukan! Perempuan Ini Lahir Tanpa Rahim
Amanda dan tunangannya (Foto: PA Real Life via metro.co.uk)

Dia terpukul. Dia stress. Impiannya untuk menjadi seorang ibu muda hancur. Dia tidak menyangka bahwa dia tidak akan pernah bisa punya anak. Namun, dalam beberapa tahun belakangan ini, dia mulai bisa menerima keadaannya setelah menemukan lelaki yang bisa menerima dirinya apa adanya.

“Vagina saya berukuran dalam 23 mm dan lebar 14 mm. Transplantasi rahim bukanlah pilihan saat saya didiagnosis. Jadi, setelah laparoskopi, saya tidak mendapatkan perawatan lebih. Sejujurnya saya tidak tahu apa itu MRKH. Itu sangat mengejutkan,” katanya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry