Membanggakan! Batik dari Blitar Dipakai Pebasket Dunia

Membanggakan! Batik dari Blitar Dipakai Pebasket Dunia
Yogi dan Santika memperlihatkan kain batik yang dipesan Justin Holiday (Foto: detikcom)

Sebuah kabar yang sangat menggembirakan untuk Indonesia. Batik dari Blitar makin dikenal dunia setelah Justin Holiday, salah satu bintang NBA (National Basketball Association), mengenakannya. Bintang dari Indiana Pacers itu secara khusus memesan batik tulis dari perajin asal Kota Patria itu sebagai merchandise kepada para penggemar basket melalui NBA Fashion Hits.

Justin mengunggah dua buah foto yang memperlihatkannya mengenakan batik dalam akun Instagram-nya, @justholla7, pada Oktober tahun lalu. Memang tidak ada kalimat panjang sebagai keterangan tentang foto itu. Namun, emotikon bendera Merah Putih di situ sudah menjelaskan semuanya: kemeja batik yang dikenakannya itu berasal dari Indonesia.

Membanggakan! Batik dari Blitar Dipakai Pebasket Dunia
Justin Holiday (Foto: Instagram/@justholla7)

Diketahui bahwa batik yang dikenakan Justin itu merupakan karya Batik Mawar Putih. Hasil kerja keras dari Yogi Rosdianta dan Santika. Berkat digitalisasi marketing yang gencar, mereka berhasil membawa batik ke mancanegara.

Yogi, seperti dikutip YUKK dari detikcom, mulai mengembangkan bisnis yang dirintis almarhumah ibunya itu pada 2017 lalu. Dalam perjalanannya, dia memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memperkenalkan batik kepada dunia. Dari pola pemasaran konvensional menuju digitalisasi proses produksi dan pemasaran.

Membanggakan! Batik dari Blitar Dipakai Pebasket Dunia
(Foto: Instagram/@justholla7)

Sejak 2019, lelaki berusia 39 tahun itu mencari kolega dan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak melalui beragam jalur. Dia, di antaranya, menjalin komunikasi dengan pihak kedutaan besar dari berbagai negara. Juga dengan rekan-rekan bisnis yang dikenalnya lewat platform media sosial.

Usaha tak kenal lelah ini akhirnya membawanya kepada Indiana Pacers, salah satu klub basket terkenal dalam liga NBA yang bermarkas di Indianapolis. Justin, salah satu bintangnya saat itu, diketahui merupakan penggemar berat batik. Pada pertengahan 2021 lalu, Yogi mempresentasikan konsep batiknya kepada Indiana Pacers.

Membanggakan! Batik dari Blitar Dipakai Pebasket Dunia
(Foto: Instagram/@justholla7)

“Justin Holiday ini NBA player yang sangat mengagumi batik. Dan Indiana Pacers ini beberapa kali melakukan movement yang bertemakan cross culture. Akhirnya kami saling kontak. Saya beberapa kali mengirimkan konsep batik tulis dan akhirnya mereka setuju,” ungkap Yogi seperti dikutip YUKK dari detikcom.

Batik pesanan Justin ini limited edition. Hanya satu lembar kain dengan ukuran lebih dari 3 m. Terbuat dari katun primisima yang tidak lain merupakan kain katun grade A. Batik ini mengusung motif khas Jawa Timur seperti burung garuda, Candi Penataran, jimbe, jaranan beserta pecut atau cambuknya.

Membanggakan! Batik dari Blitar Dipakai Pebasket Dunia
Inisial Indiana Pacers dan Justin Holiday (Foto: Antara Foto)

“Saya juga kasih simbol Indiana Pacers dan inisial Justin Holiday. Ini merupakan batik tulis yang dikerjakan pakai canting. Saat ini, mau proses pewarnaan,” imbuhnya.

Dia menargetkan batik pesanan pebasket yang saat ini bermain untuk Sacramento Kings itu selesai pada pertengahan bulan ini. Pada akhir bulan, batik itu akan dikirimkan kepada Justin.

Membanggakan! Batik dari Blitar Dipakai Pebasket Dunia
Dua orang pekerja Batik Mawar Putih sedang mewarnai kain batik pesanan Justin Holiday (Foto: Kompas.com)

“Kami berikan special price untuk Justin Holiday,” katanya seperti dikutip dari kompas.com.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry