Memangnya IQ Seseorang Bisa Dilihat dari Tulisan Tangan?

 

Memangnya IQ Seseorang Bisa Dilihat dari Tulisan Tangan?
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Banyak orang bilang bahwa kecerdasan seseorang bisa dilihat dari banyak hal. Salah satunya dari penampilannya. Jika kamu melihat orang yang punya penampilan acak-acakan atau berantakan, dia pasti orang yang cerdas. Begitu anggapan banyak orang.

Kecerdasan seseorang juga diklaim bisa dilihat dari tulisan tangan. Orang dengan tulisan tangan berantakan atau hampir tidak bisa dibaca disebut orang cerdas. Yang sebaliknya berarti bisa ya dan bisa juga tidak.

Perlu diketahui bahwa studi tentang tulisan tangan disebut grafologi. Studi ini, seperti dikutip YUKK dari My Cursive, mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian dan sifat seseorang berdasarkan tulisan tangan seperti gaya, struktur, tata letak, dan keterbacaan tulisan.

“Melalui tulisan tangan, Anda dapat dapat mengukur hal-hal seperti ‘Apakah seseorang itu ramah atau introvert’, ‘Apakah seseorang teliti atau cenderung berantakan’, dan tulisan tangan bahkan dapat menentukan tingkat kecerdasan seseorang.” Demikian tulisMy Cursive.

Memangnya IQ Seseorang Bisa Dilihat dari Tulisan Tangan?
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Apakah benar kecerdasan seseorang bisa dilihat dari tulisan tangannya? Royal Mail dan Tracey Trussell, badan analis tulisan tangan terkemuka, pernah melakukan penelitian terkait hal ini. Hasil penelitian mereka, seperti dilansir Birmingham Live, menunjukkan bahwa orang jenius cenderung memiliki tulisan tangan yang miring ke kanan. Mereka juga cenderung membuat guratan kepala garis huruf ‘t’ yang panjang. Dan tulisan tangan mereka lebih tajam dan runcing, terutama pada huruf “m”, “s”, dan “n”.

Hasil penelitian lain juga menunjukkan hal yang sama. Tulisan tangan yang berantakan, bahkan cenderung sulit dibaca, diklaim sebagai tanda bahwa kecerdasan orang itu berada di atas rata-rata.Orang-orang seperti itu cenderung introvert. Dan orang-orang yang introvert adalah orang yang senang belajar dan cenderung berpikir mendalam.

“Selain itu, tulisan tangan yang berantakan dapat menyampaikan keterampilan seperti berpikir cepat. Mereka cenderung lebih mementingkan menulis banyak ide-ide di atas kertas ketimbang memikirkan keterbacaan tulisan.” Demikian tulis Birmingham Live.

Memangnya IQ Seseorang Bisa Dilihat dari Tulisan Tangan?
Tulisan tangan Jack The Ripper (Foto: Istimewa)

Apakah memang tulisan tangan adalah tanda dari kecerdasan seseorang? Banyak orang berpendapat demikian. Namun, tidak sedikit juga orang yang berpendapat sebaliknya.

Dikutip YUKK dari Graphology World, tulisan tangan tidak secara persis menunjukkan kecerdasan seseorang. Berantakan atau tidaknya tulisan tangan sangat tergantung pada kondisi orang itu dan lingkungannya. Tekanan batin, masalah yang dihadapi, penyakit, dan keadaan lingkungan adalah beberapa faktor yang sangat mempengaruhi bentuk tulisan tangan masing-masing orang.

Lihat saja tulisan tangan Jack The Ripper. Tulisan tangannya terlihat sangat berantakan dan sulit dibaca. Tulisan tangan itu dianggap menunjukkan kebingungan, amarah, dan rendahnya inteligensi si pembunuh berdarah dingin paling besar dalam sejarah Inggris itu.

 

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry