Melihat Pesona Maluku, Si “Tanah Surga”

Pesona Maluku
Pantai Batu Payung di Pulau Lakor (Foto: Instagram/Yanri Sakliressy)

Maluku menyimpan sejuta keindahan. Keindahan alam dan keindahan budaya. Dari ujung timur ke ujung barat. Dari utara ke selatan.

Keindahan dan kekayaannya mahsyur hingga ke Persia (sekarang Iran), Mesopotamia (sekarang Irak), dan Mesir. Buktinya adalah catatan sejarah di atas tanah liat yang ditemukan di Persia, Mesopotamia, dan Mesir. Catatan itu berbunyi:

“Ada negeri dari timur yang sangat kaya; merupakan tanah surga dengan hasil alam berupa cengkih, emas, dan mutiara.”

Negeri dari timur yang sangat kaya itu adalah Maluku. Pala, cengkih, mutiara, dan fuli adalah beberapa dari sekian banyak hasil kekayaan alam Maluku. Pala dan fuli ada di Banda Kepulauan, cengkih ada di Ambon, Saparua, Haruku, Nusa Laut, dan Nusa Ina. Sementara mutiara ada di Kepulauan Aru.

Tidak hanya kaya, alam Maluku pun elok. Pantainya benar-benar indah: pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan ekosistem bawah laut yang memukau. Tidaklah berlebihan ketika sejarah menulis bahwa Maluku “…merupakan tanah surga…”

Maluku punya banyak tempat menarik yang pantas dikunjungi. Berikut ini beberapa di antaranya.

Pesona Maluku
Fero Walandouw dan Bimo Aryo, pemandu acara My Trip My Adventure, di Pantai Batu Payung (Foto: My Trip My Adventure)

Pantai Batu Payung di Pulau Lakor adalah salah satu geliatnya. Di pantai itu berdiri sebuah batu payung di tengah laut. Disebut demikian karena batu berbentuk seperti payung. Benar-benar ikonik.

Pesona Maluku
Pantai Liang (Foto: My Trip My Adventure)

Pantai Liang di Salahutu juga tidak kalah indahnya. Rasakan kesegaran lautnya. Dayunglah sampan untuk merasakan sensasinya. Bagaimana kalau menikmati es kelapa di atas sampan? Tidak ada yang tidak mungkin.

Pesona Maluku
Air Terjun Waai (Foto: eddieliku.blogspot.com)

Di Maluku Tengah, ada sebuah desa yang terkenal dengan air terjunnya. Namanya Desa Waai. Desa ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan karena di situ ada Air Terjun Waai.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry