Mau Kredit Mobil? Pahami Dulu 5 Istilah Teknis Ini!

Mau Kredit Mobil? Pahami Dulu 5 Istilah Teknis Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Untuk sebagian besar orang, mobil sudah menjadi barang kebutuhan. Entah itu sebagai alat transportasi sehari-hari, entah itu sebagai kendaraan operasional untuk menjalankan usaha. Jangan heran bahwa sebuah keluarga bisa punya lebih dari 1 unit mobil.

Kemudahan dalam proses kepemilikan mobil turut mempengaruhi minat orang untuk memiliki mobil. Khusus untuk mereka yang tidak mempunyai uang tunai, ada banyak perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan fasilitas kredit kendaraan bermotor. Proses pengajuan hingga persetujuan kredit pun sangat cepat.

Dalam proses kredit mobil ini, ada beberapa istilah teknis yang muncul dan digunakan. Orang yang sudah biasa atau sering mengajukan kredit mobil atau yang terjun dalam usaha jual-beli kendaraan bermotor pasti tidak asing dengan istilah-istilah teknis itu. Namun, untuk orang yang baru pertama kali mengajukan kredit, tentu saja istilah itu membingungkan mereka.

Berikut ini ada beberapa istilah teknis yang harus dipahami orang yang akan membeli mobil karena istilah-istilah ini berhubungan dengan biaya:

On the Road dan Off the Road

Mau Kredit Mobil? Pahami Dulu 5 Istilah Teknis Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Harga on the road (OTR) adalah harga beli mobil setelah ditambahkan dengan seluruh pajak dan berbagai dokumen lainnya seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Dengan OTR, kendaraan sudah dinyatakan layak jalan karena sudah dilengkapi surat-surat.

Sementara itu, harga off the road adalah harga beli sebuah mobil yang belum termasuk dengan biaya berbagai dokumennya. Jika kamu membeli sebuah mobil dengan harga off the road, maka kamu hanya baru membayar harga mobil. Belum termasuk biaya untuk mengurus surat-suratnya.

Down Payment

Mau Kredit Mobil? Pahami Dulu 5 Istilah Teknis Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Istilah ini sudah tidak asing. Down payment (DP) adalah uang muka; sejumlah uang yang wajib dibayarkan apabila kamu memutuskan untuk kredit mobil. Jumlahnya sekitar 20—30% dari harga kendaraan.

Total Down Payment

Mau Kredit Mobil? Pahami Dulu 5 Istilah Teknis Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Selain DP, ada juga TDP (total down payment). Jika kamu hendak mengajukan kredit mobil, kamu harus tahu bahwa biaya yang kamu siapkan tidak hanya uang muka (DP), tetapi juga total pembayaran pertama atau total uang muka (TDP). TDP dihitung dari penjumlahan beberapa biaya, antara lain, uang muka, biaya administrasi, biaya asuransi, dan angsuran kredit pertama.

Tenor

Mau Kredit Mobil? Pahami Dulu 5 Istilah Teknis Ini!
Ilustrasi (Foto: hawthorne.autosquare.com)

Tenor adalah jangka waktu masa pinjaman atau kredit. Lamanya jangka waktu kredit ini ditentukan oleh perusahaan pembiayaan multiguna yang bersangkutan. Biasanya berkisar antara 1—8 tahun.

ADDM & ADDB

Ini 4 Strategi Kunci untuk Menghindari Kredit Macet
Ilustrasi (Foto: Pexels)

ADDM adalah singkatan dari angsuran dibayar di muka. Artinya adalah angsuran pertama dibayarkan bersama dengan DP. ADDM memang membuat angka TDP menjadi lebih tinggi. Namun, ADDM membuat tenor pinjaman berkurang satu kali.

Sementara itu, ADDB adalah angsuran dibayar di belakang. Dalam skema ini, TDP akan sedikit lebih ringan. Namun, tenor pinjamannya tetap dan angsuran pertama akan dibayarkan pada bulan berikutnya (angsuran pertama tidak masuk dalam TDP).

Tidak Mau Top Up Saldo YUKK Cash Berkali-kali? Upgrade Akunmu Dulu, Dong!
(Foto: dok. YUKK)

Itulah beberapa istilah teknis yang harus kamu pahami sebelum mengajukan kredit mobil. Setelah menyiapkan biaya (DP dan/atau TDP), kamu bisa mencari perusahaan pembiayaan multiguna yang memberikan fasilitas kredit kendaraan bermotor. Jika pengajuan kreditmu disetujui, kamu harus rutin membayar cicilan bulanan.

Kamu bisa membayar angsuran melalui aplikasi YUKK. Saat ini, sudah ada banyak perusahaan pembiayaan multiguna yang bekerja sama dengan YUKK. Mulai dari Home Credit hingga Andalan Finance.

Ini 4 Strategi Kunci untuk Menghindari Kredit Macet
Promo YUKK (Grafis; YUKK)

Jika kamu membayar angsuran melalui aplikasi YUKK, kamu akan mendapatkan cashback. Setiap bulan, YUKK memberikan cashback yang jumlahnya tidak sedikit. Selama bulan Oktober ini, misalnya, YUKK memberikan cashback hingga 150.000 YUKK Point. Masing-masing pengguna berhak mendapatkan satu kali cashback per hari.

 

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry