Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Setelah Ditembak

News | 8 July 2022
Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Setelah Ditembak
Shinzo Abe (Foto: Getty Images)

Jepang berduka. Shinzo Abe, sang mantan perdana menteri, dilaporkan meninggal dunia setelah menjalani perawatan di sebuah rumah sakit karena ditembak oleh seorang mantan tentara angkatan laut di Nara.

“Menurut seorang pejabat senior LDP (Partai Demokrat Liberal), mantan Perdana Menteri Abe meninggal di sebuah rumah sakit di kota Kashihara, wilayah Nara, di mana dia menerima perawatan medis. Dia berusia 67 tahun,” tulis NHK.

Breaking News! Mantan Perdana Menteri Jepang Ditembak
Shinzo Abe roboh setelah ditembak dua kali (Foto: Kyodo via AP)

Sebelumnya Abe dilaporkan berada dalam kondisi kritis karena luka tembakan di leher dan dada sebelah kiri. Dia ditembak di depan Stasiun Yamatosaidaiji, Nara, ketika sedang berpidato singkat.Pelaku penembakan, seperti dikutip dari The Guardian, adalah seorang mantan tentara angkatan laut Jepang bernama Yamagami Tetsuya.

Breaking News! Mantan Perdana Menteri Jepang Ditembak
Pelaku ditangkap (Foto: The Asahi Shimbun/Getty Images)

Abe segera dilarikan ke rumah sakit dengan helikopter. Dikabarkan bahwa dia sempat mengalami henti jantung atau traumatic cardiac arrest (TCA). Henti jantung adalah sebuah kondisi ketika jantung berhenti berdetak karena trauma. Penyebabnya bisa karena luka tembak atau luka tusuk di daerah toraks. Dikutip dari laman Journals of the American College of Cardiology, setelah peristiwa traumatis itu, jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh. Ini adalah sebuah keadaan darurat medis. Jika tidak segera mendapatkan perawatan medis yang tepat, pasien bisa meninggal dunia.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry