Makanan Ini Bisa Meredakan Nyeri Saat Haid

Makanan pereda nyeri haid
Ilustrasi perempuan yang mengalami nyeri haid (Foto: Freepik)

Rasa nyeri pada saat haid memang tidak bisa dihindari. Rasa nyeri itu timbul sebagai akibat dari kontraksi yang terjadi di rahim. Dan kontraksi itu dipicu oleh prostaglandin.

Selain rasa nyeri, yang pada beberapa perempuan terasa begitu mengganggu, yang juga biasanya muncul pada atau menjelang menstruasi adalah jerawat, suasana hati yang tidak stabil, dan lain-lain. Ini adalah hal yang wajar. Dan menurut catatan American College of Obstetricians and Gynecologist, 85% perempuan mengalami satu atau beberapa dari hal itu setiap bulan.

Bagaimana mengatasi rasa nyeri yang muncul pada saat haid? Selain melakukan olahraga dan pijatan lembut, rasa nyeri itu bisa diredakan dengan cara mengonsumsi makanan dan buah-buahan berikut ini.

Bit

Makanan pereda nyeri haid
(Foto: go-dok.com)

Hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa 3.000 wanita dalam 10 tahun terakhir ini memiliki risiko rendah pada gejala menstruasi karena menerima asupan vitamn B1 dan B2 yang tinggi. Bit mengandung vitamin B1 dan B2 dalam jumlah yang banyak. Mengonsumsi buah bit menjelang menstruasi dapat meredakan rasa nyeri yang biasanya timbul pada saat haid.

Sarden

Makanan pereda nyeri haid
(Foto: resepkoki.id)

Penelitian yang dilakukan di University of Massachusetts menunjukan bahwa wanita berusia 27 dan 44 tahun dengan asupan tinggi vitamin D dan kalsium yang tinggi memiliki risiko yang rendah dalam mengalami gejala menstruasi. Sarden diketahui mengandung vitamin D dan kalsium dalam jumlah yang banyak. Sarden juga mengandung lemak omega-3 yang diketahui dapat membantu mengurangi kembung yang disebabkan oleh menstruasi, nyeri payudara, sakit kepala, dan kurangnya konsentrasi.

Dark chocolate

Makanan pereda nyeri haid
(Foto: Freepik)

Antioksidan yang terkandung di dalam cokelat hitam dapat memicu dinding pembuluh darah menjadi rileks, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasinya. Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi 1,5 ons cokelat ini satu hari selama dua minggu dapat mengurangi tingkat hormon stres. Kandungan lain dari cokelat hitam adalah magnesiun dan mineral. Keduanya dapat membantu meringankan gejala menstruasi seperti kembung, kelelahan, dan rasa senewen.

Avokad

Makanan pereda nyeri haid
(Foto: Freepik)

Avokad mengandung kalium dan mineral. Kedua kandungan ini berfungsi sebagai diuretik alami yang dapat menyapu kelebihan garam dan cairan dalam tubuh. Kandungan lainnya adalah potassium. Kandungan ini melindungi tubuh dari kram otot dan menimbulkan rasa kenyang.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry