Makanan Ini Bisa Mencegah Serangan Virus Corona

Makanan pencegah serangan virus corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dua warga Depok, Jawa Barat, sudah positif terinfeksi virus Corona. Keduanya terinfeksi virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu setelah melakukan kontak dengan warga negara Jepang. Saat ini, keduanya sedang dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Berita tentang terinfeksinya dua warga Depok itu menyebar dengan cepat. Masyarakat diminta untuk tidak panik. Yang harus dilakukan adalah menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Termasuk di dalam imbauan ini adalah anjuran untuk rajin mencuci tangan, rajin berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan imunitas.

“Makanan memiliki peran kunci dalam meningkatkan imunitas tubuh. Itulah mengapa kita dinjurkan menghindari makanan mentah, termasuk daging mentah, telur mentah, hingga sayur mentah, untuk menjaga imunitas,” kata dr. Saras Salil dari New Delhi, India, seperti dilansirTimes of India.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan imunitas:

Bawang putih

Makanan pencegah serangan virus corona
(Foto: Freepik)

Bawang putih adalah bahan antivirus yang kuat. Dapat dikonsumsi mentah atau dihaluskan dan ditambahkan ke dalam sup atau salad. Bisa juga dijadikan ramuan alternatif. Caranya: campur bawang putih mentah dengan cengkih dan satu sendok makan madu. Minumlah ramuan ini dalam beberapa hari. Ramuan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berries

Makanan pencegah serangan virus corona
(Foto: Freepik)

Buah-buahan seperti blueberry, cranberry, stroberi, dan anggur mengandung resveratrol dalam jumlah yang banyak. Demikian juga kacang tanah, pistachio, dan cokelat hitam. Kandungan ini bisa memerangi infeksi jamur, radiasi ultraviolet, stress, dan cedera, serta melindungi tubuh dari serangan virus.

Minyak kelapa

Makanan pencegah serangan virus corona
(Foto: Istimewa)

Mulai dari sekarang, gunakan minyak kelapa murni dingin atau mentah. Pasalnya, asam laurat dan asam kaprilat yang ada di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan virus.

Jahe

Makanan pencegah serangan virus corona
(Foto: Freepik)

Konsumsilah jahe. Rempah ini mengandung bahan yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Kandungan antivirusnya sangat tinggi. Kamu bisa mencampurkannya dengan adas bintang dan madu dan mengonsumsinya 3-4 kali sehari.

Adas bintang

Makanan pencegah serangan virus corona
(Foto: boldsky.com)

Adas mengandung asam shikimic. Kandungan inilah yang digunakan sebagai bahan dasar untuk produksi obat antiflu yang sangat kuat sebagai antivirus. Rebuslah adas bintang, campurkan dengan teh seperti teh hijau atau teh hitam, dan minumlah dua kali sehari.

Makanan tinggi vitamin C

Makanan pencegah serangan virus corona
(Foto: Freepik)

Konsumsilah paprika merah, paprika kuning, jeruk, jambu biji, dan pepaya. Semuanya kaya akan vitamin C. Kandungan itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsilah buah-buahan itu setiap hari.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry