Makanan dan Minuman Ini Diperkirakan Akan Punah dalam Waktu Dekat

Makanan dan minuman yang akan punah
Cokelat (Foto: Freepik)

Perubahan iklim yang cepat menyebabkan perubahan populasi banyak makhluk hidup. Banyak organisme yang mendadak berkurang populasinya dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan tidak sedikit makhluk hidup yang mendadak punah.

Para ahli memperkirakan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, ada beberapa jenis hewan/binatang dan tumbuhan yang punah. Beberapa di antaranya adalah makanan. Foodbeast mencatat 10 makanan yang diprediksi para ahli akan pundah dalam waktu dekat.

Madu

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

Populasi lebah penghasil madu berkurang secara signifikan sebagai akibat dari perubahan iklim dan colony collapse disorder. Sepanjang tahun 2015-2016, 5.000 penjaga lebah Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka kehilangan 44% koloni lebah. Menurut para ilmuwan, populasi lebah berkurang karena pengaruh buruk patogen, pestisida, dan perubahan iklim secara ekstrem.

Berkurangnya populasi lebah penghasil madu tentu akan mengakibatkan semakin berkurangnya madu. Dan jika jumlah lebah penghasil madu terus berkurang, bukan tidak mungkin bahwa madu akan menjadi sangat langka. Bahkan bisa benar-benar tidak ada karena punahnya lebah penghasil madu.

Cokelat

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

Wilayah Afrika Barat, yang dikenal sebagai wilayah penghasil kakao, dilanda perubahan iklim yang sangat drastis. Pada tahun 2017 lalu, peneliti memperkirakan bahwa kurang dari 40 tahun cokelat akan punah dari muka bumi. Untuk mengatasi bencana ini, perusahaan Mars dan para peneliti dari Innovative Genomics Institute di California bekerja sama untuk mengembangkan pabrik kakao yang dapat tumbuh sesuai iklim lingkungannya.

Avokad

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

Avokad adalah tumbuhan yang membutuhkan banyak air untuk tumbuh dan berbuah. Masalahnya adalah perubahan iklim yang cepat dan pemanasan globa menyebabkan banyak wilayah di muka Bumi mengalami kekeringan. Kekeringan yang berkepanjangan ini tentu saja membuat pertumbuhan avokad terhambat.

Kopi

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

Saat ini, para produsen kopi bekerja keras untuk memenuhi ledakan permintaan kopi di berbagai negara. Pasalnya, daerah produsen kopi di dunia berkurang. Pada tahun 2016 lalu, misalnya, sebuah penelitian dari Climate Institute mengungkapkan bahwa perubahan iklim terjadi lebih dari 2 derajat Celcius, pola hujan akan berubah drastis dan mempengaruhi lebih dari setengah daerah produsen kopi. Perubahan iklim yang ekstrem akan menyulitkan kopi untuk beradaptasi dengan lingkungan. Sangat mungkin terjadi bahwa perubahan iklim yang drastis itu akan membuat kopi.

Seafood

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

Pada tahun 2048 nanti, laut dunia akan kehabisan ikan. Demikian hasil penelitian tim pakar lingkungan dan ekonomi internasional yang dilakukan pada tahun 2016 lalu. Laut dunia akan kehabisan ikan karena aktivitas pengambilan ikan besar-besaran selama beberapa dekade terakhir. Polusi air dan perubahan iklim dunia juga turut mempercepat kepunahan hewan laut.

Salmon

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

California, Amerika Serikat, disebut-sebut merupakan rumah bagi lebih dari 30 spesies salmon. Dari jumlah itu, 20 spesies berada dalam kategori hampir punah karena habitatnya terdegradasi. Hal ini juga diperkuat dengan hasil penelitian dari Universitas California yang menunjukkan bahwa masa depan salmon di kawasan West Coast berada dalam bahaya. Pada saat yang bersamaan penangkapan ikan terus dilakukan secara besar-besaran untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Pisang

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

Pada tahun 1950-an telah terjadi gejala fungal yang merusak pisang, yakni Panama Disease. Penyakit yang disebabkan oleh jamur ini telah menghancurkan hampir semua perkebunan pisang di Amerika Tengah dan Selatan. Jamur diketahui menyerang akar pisang, sehingga menyebabkan pisang tidak bertumbuh dengan baik. Saat ini, ada jenis baru dari jamur Panama yang masih mempengaruhi budidaya pisang di seluruh dunia. Jika tidak ditangani dengan serius, jamur ini akan menghancurkan industri pisang secara global.

Stroberi

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

Tumbuhan yang ikut terpengaruh oleh perubahan iklim yang drastis adalah stroberi.  Populasi tumbuhan yang hidup di wilayah dingin ini mulai berkurang karena iklim semakin hangat dari hari ke hari. Suhu yang semakin hangat membuat proses perkembangan buah akan semakin singkat dan kurang baik.

Sirup Maple

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Istimewa)

Pohon maple akan memproduksi getah manis ketika cuaca siang hari di atas titik beku dan malam hari di bawah titik beku. Proses ini biasanya terjadi pada bulan Febuari dan April. Masalahnya adalah suhu bumi semakin panas. Suhu yang semakin panas ini menyebabkan proses sapping atau tapping sirup maple semakin singkat. Periode panen menjadi tidak terkendali. Jika berlangsung dalam waktu yang lama, industri sirup maple akan mengalami kemunduran yang signifikan.

Kacang tanah

Makanan dan minuman yang akan punah
(Foto: Freepik)

Sepuluh tahun ke depan, para ilmuwan memperkirakan bahwa kacang tanah akan punah. Mengapa? Karena kekeringan yang berkepanjangan dan perubahan iklim yang drastis. Perlu diketahui bahwa kacang tanah membutuhkan air yang melimpah untuk tumbuh. Dan dia tumbuh pada kondisi lahan yang sangat spesifik dan harus terjaga. Jika terjadi perubahan pada lahan itu, sekalipun hanya sedikit, siklus pertumbuhannya akan terganggu.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry