Boros Kuota? Ini 7 Cara Menghemat Paket Internet yang Mudah

Penjelasan cara menghemat kuota internet

Tingkat pemakaian internet di Indonesia sangat tinggi. Menurut riset Katadata Insight Center (KIC) pada 2022, mayoritas orang Indonesia mengeluarkan anggaran antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu setiap bulan untuk beli kuota internet. Lalu, apakah ada cara menghemat kuota internet biar anggaran tersebut bisa dikurangi? 

Sekilas, angka Rp50 ribu – Rp100 ribu memang minim. Namun, bayangkan kalau Anda mempunyai 4 anggota keluarga yang saban hari butuh koneksi internet? Setidaknya, Anda perlu mengalokasikan anggaran sekitar Rp200 ribu sampai Rp400 ribu setiap bulan untuk kebutuhan internet seluruh keluarga. 

Kabar baiknya, ada banyak upaya nyata yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya kuota internet bulanan, di antaranya adalah: 

1. Gunakan Jaringan WiFi yang Stabil dan Aman Baik di Rumah atau Tempat Kerja

Pemakaian kuota internet memang praktis dan nyaman. Namun, Anda perlu menghemat penggunaannya dengan memanfaatkan koneksi internet yang tersedia. Apalagi, kalau Anda menggunakannya untuk aktivitas yang memerlukan kuota besar. Contohnya, ketika mengunduh data, pembaruan aplikasi, bermain game, ataupun streaming video. 

Untuk berbagai aktivitas yang memakan kuota internet dalam jumlah banyak, alihkan pemakaiannya ke jaringan WiFi. Dengan begitu, kuota internet Anda tidak akan cepat habis dan bisa awet sampai akhir bulan. 

Hanya saja, ada catatan penting yang perlu Anda perhatikan terkait penggunaan jaringan WiFi. Pilih akses internet WiFi yang terpercaya, seperti di rumah maupun tempat kerja. Ingat, ancaman cyber crime dapat terjadi kalau Anda menggunakan jaringan WiFi sembarangan, termasuk di antaranya adalah: 

  • Kebocoran data (man-in-the-middle-attack)
  • Sniffing
  • Serangan melalui exploit pada software
  • Penyamaran hotspot WiFi oleh hacker

2. Batasi Penggunaan Aplikasi Streaming

Membatasi penggunaan aplikasi streaming merupakan salah satu contoh cara menghemat kuota internet

Momen yang paling pas untuk streaming video atau film favorit adalah ketika menunggu sesuatu atau dalam kondisi santai. Misalnya, Anda tengah menunggu antrian, dalam perjalanan naik TransJakarta, dan lain sebagainya. Namun, Anda sadar kalau kebiasaan seperti itu dapat menghabiskan kuota dengan cepat, kan? 

Oleh karenanya, Anda perlu cermat dalam memperhatikan penggunaan aplikasi streaming seperti Netflix maupun YouTube. Jalankan aplikasi streaming ketika Anda tengah menggunakan akses internet melalui jaringan WiFi. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan fitur menonton video atau film secara offline melalui aplikasi streaming

Fitur menonton layanan streaming secara offline bisa Anda temukan dalam berbagai aplikasi. Termasuk di antaranya adalah Disney+ Hotstar, Netflix, ataupun YouTube. Dengan menonton video secara offline, Anda tak hanya bisa hemat kuota internet, tetapi juga bisa nonton puas tanpa gangguan. 

3. Batasi Penggunaan Aplikasi Game Online

Selain membatasi pemakaian aplikasi streaming, Anda dapat pula melakukan cara menghemat kuota internet dengan meminimalkan pemakaian aplikasi game online. Seperti halnya aplikasi streaming, game online termasuk aplikasi yang memerlukan kuota dalam jumlah besar. 

Utamakan penggunaan aplikasi game online ketika berada di jaringan WiFi. Dengan menggunakan jaringan WiFi, Anda dapat memainkan game dengan puas. Apalagi, kalau Anda memakai akses internet WiFi dengan konektivitas yang stabil, cepat, dan aman. 

4. Matikan Notifikasi Aplikasi

Mematikan notifikasi aplikasi di smartphone merupakan salah satu contoh cara menghemat kuota internet

Anda tentu sudah tahu kalau notifikasi aplikasi di smartphone berpengaruh terhadap baterai. Namun, tahukah Anda kalau notifikasi juga dapat mencuri sisa-sisa kuota internet? Kalau Anda membiarkannya, kuota internet bisa habis secara tiba-tiba.

Cara menghemat kuota internet dengan mematikan notifikasi aplikasi sangat mudah. Anda bisa melakukannya baik di platform Android maupun iOS. 

  • Pengguna Android : Anda dapat membuka opsi Setting > Apps > Downloaded > Table All. Selanjutnya, pilih aplikasi yang ingin Anda matikan notifikasinya.  
  • Pengguna iOS : Menu yang bisa Anda buka untuk mematikan notifikasi adalah dengan menuju ke Settings > Notifications. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan notifikasinya. 

5. Menonaktifkan Fitur Otomatis Pemutaran Video pada Media Sosial

Streaming video yang cepat menghabiskan kuota tidak cuma lewat aplikasi streaming. Kuota Anda bisa habis dengan cepat kalau Anda kerap berselancar di media sosial. Apalagi, kalau Anda belum mematikan fitur autoplay video. Semakin banyak menggeser layar, kuota Anda akan semakin cepat habisnya.

Oleh karenanya, Anda perlu mematikan fitur autoplay yang ada di masing-masing platform media sosial. Caranya sederhana. Untuk pengguna Facebook, Anda bisa mengeklik ikon tiga barus pada layar dan pilih Settings & Privacy > Settings > Media & Contacts > General > Autoplay. Di sini, pilih opsi Never autoplay videos atau on WiFi connections only.

6. Hapus Aplikasi yang Sudah Tidak Terpakai

Tips yang tak kalah penting berikutnya adalah dengan memperhatikan keberadaan aplikasi yang terinstal di smartphone. Perhatikan satu per satu aplikasi, apakah semuanya Anda gunakan secara rutin atau apakah ada aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan kembali? 

Biar tidak memenuhi memori internal dan memboroskan kuota internet, hapus aplikasi tersebut. Ingat, aplikasi yang tak lagi Anda gunakan bisa saja aktif di background dan diam-diam menggunakan kuota internet.  

7. Hapus Cache dan Data Aplikasi Secara Teratur

Cara menghemat kuota internet yang terakhir adalah dengan membersihkan cache secara rutin. Hanya saja, jangan hapus keseluruhan cache dan data aplikasi. Lakukan penghapusan untuk aplikasi yang jarang Anda gunakan. 

Nah, itulah tips sederhana tentang cara menghemat kuota internet yang bisa Anda terapkan. Dengan mengaplikasikan tips ini, Anda dapat menekan anggaran pengeluaran untuk pembelian paket data internet. 

Upaya perampingan anggaran bulanan memiliki manfaat sangat penting, terutama bagi para pelaku usaha. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam mengelola anggaran keuangan secara lebih baik, baik untuk kepentingan pribadi maupun usaha. 

Hal yang tak kalah penting dalam pengelolaan usaha adalah kelancaran pembayaran dari para pelanggan. Untuk hal yang satu ini, Anda dapat memanfaatkan layanan YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway jadi solusi dalam menyediakan sistem pembayaran yang modern, praktis, dan canggih

Yuk, berikan kemudahan dalam pembayaran kepada pelanggan dengan menggunakan YUKK Payment Gateway!

Baca juga: Bukan Payment Gateway Biasa, Intip 9 Fitur Aplikasi YUKK Ini

0
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry