Biar Duit Gak Boncos, Perhatikan 7 Cara Hemat Belanja Bulanan

Penjelasan cara-cara menghemat biaya belanja bulanan

Belanja bulanan menjadi salah satu sektor pengeluaran rumah tangga yang cukup dominan. Kalau tak tahu cara menghemat belanja bulanan, Anda bakal mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. Bisa jadi, dana untuk kebutuhan lain terpakai untuk belanja berbagai kebutuhan bulanan. 

Baca juga: Biar Gak Mati Kelaparan, Ini Cara Hemat Uang Bulanan Anak Kost!

Buatlah Daftar Belanja Sesuai Kebutuhan

Langkah awal dalam upaya menghemat biaya belanja bulanan adalah dengan menyusun daftar belanja. Susun daftar barang yang ingin Anda beli sesuai dengan tingkat kebutuhan. Pastikan untuk memprioritaskan barang yang dalam jangka satu bulan mendatang benar-benar akan Anda pakai. 

Penyusunan daftar belanja ini sangat penting. Tujuannya adalah untuk menghindari kebiasaan belanja secara berlebihan. Apalagi, Anda bisa saja tergoda untuk belanja barang secara impulsif, terutama ketika mendapatkan penawaran promo di supermarket ataupun toko langganan. 

Tentukan Budget Pengeluaran

Tahapan selanjutnya yang menjadi bagian dalam cara menghemat belanja bulanan adalah menyusun anggaran pengeluaran. Buat daftar pengeluaran rutin setiap bulannya. Sebagai contoh, belanja bulanan, pembayaran tagihan, bayar utang, dana pendidikan anak, dan pengeluaran rutin lainnya. 

Selanjutnya, tentukan nominal dari masing-masing pengeluaran. Tentukan pula batas maksimal dari setiap sektor pengeluaran. Tujuannya, biar Anda tidak terlalu boros ketika mengeluarkan uang. 

Utamakan dan Komitmen untuk Beli Barang Sesuai Daftar Belanja

Penyusunan anggaran pengeluaran maupun daftar belanja akan sia-sia kalau Anda tidak berkomitmen dalam menjalankannya. Oleh karena itu, ketika belanja pastikan untuk memprioritaskan pembelian barang yang tercantum dalam daftar belanja. Dengan begitu, Anda jadi membiasakan diri untuk bersikap disiplin saat belanja. 

Manfaatkan Promo dan Diskon yang Tersedia

Kebiasaan ibu-ibu rumah tangga ketika belanja adalah berburu promo. Apalagi, belanja di supermarket maupun toko online kerap menarik berkat adanya penawaran diskon dan promo. Anda boleh saja melanjutkan kebiasaan ini, asalkan tetap selaras dengan tujuan awal yakni cara menghemat belanja bulanan. 

Lalu, bagaimana cara biar bisa memanfaatkan promo dan tetap hemat? Caranya sederhana. Anda tetap harus mengedepankan pembelian barang yang ada dalam daftar belanja. Selanjutnya, pertimbangkan waktu belanja ketika toko online atau supermarket mengadakan promo. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran tanpa perlu belanja berlebihan. 

Hindari Belanja Barang Hanya Karena Brand

Ada kalanya, Anda memiliki kebiasaan belanja barang hanya dari brand tertentu. Padahal, Anda bisa pula menemukan produk serupa dengan kualitas yang tak kalah dari brand lain dengan harga lebih murah. Anda perlu menghindari kebiasaan belanja seperti ini biar tidak membuat pengeluaran bulanan jadi boros. 

Ingat, alasan utama yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli sebuah barang adalah manfaatnya. Kalau Anda bisa memperoleh manfaat lebih besar dari barang yang harganya relatif lebih murah, kenapa tidak? 

Gunakan Alat Pembayaran yang Menawarkan Banyak Cashback

Promo saat belanja bukan hanya berupa potongan harga atau diskon. Namun, Anda juga bisa menemukan promo dalam bentuk cashback. Jenis promo seperti ini umumnya berlaku ketika Anda menggunakan metode pembayaran tertentu. 

Baca juga: Biar Makin Untung, Ketahui Bedanya Cashback dengan Diskon!

Pemanfaatan promo berupa cashback adalah cara menghemat belanja bulanan yang cerdas. Oleh karena itu, manfaatkan promo seperti ini secara maksimal. Apalagi, Anda memang sudah memiliki alokasi dana yang jelas untuk setiap pengeluaran. 

Biar tak salah langkah, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Ada kalanya, pihak merchant memberlakukan kebijakan promo cashback dengan ketentuan nominal tertentu. Pastikan bahwa nominal tersebut tidak melebihi alokasi yang sebelumnya telah Anda tetapkan, ya. 

Coba Belanja di Pasar Tradisional

Banyak orang lebih suka belanja ke supermarket karena suasananya yang nyaman. Anda tak perlu belanja secara berdesak-desakan dengan para pengunjung lain. Namun, kebiasaan belanja ke supermarket cenderung boros. Sesekali, Anda bisa menyempatkan waktu untuk mencoba pengalaman belanja bulanan ke pasar tradisional. 

Ada banyak hal yang membuat pasar tradisional jauh lebih ekonomis dibanding supermarket. Faktor utamanya adalah harga barang belanjaan. Saat menjelajahi pasar tradisional, Anda akan menemukan fakta kalau hampir sebagian besar barang di tempat ini jauh lebih murah dibanding supermarket. 

Selain itu, belanja di pasar tradisional juga memungkinkan Anda untuk menawar harga kepada penjual. Apalagi, kalau Anda melakukan pembelian barang dalam jumlah cukup besar. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran uang belanja. 

Hanya saja, Anda perlu cermat dalam melakukan pemilihan barang saat belanja di pasar tradisional. Perhatikan barang belanjaan dengan teliti biar mendapatkan produk yang segar dan berkualitas. 

Nah, itulah tips lengkap tentang cara menghemat belanja bulanan yang bisa Anda praktikkan. Tidak sulit, kan? Dengan membiasakan metode tersebut, Anda bisa melakukan penghematan pengeluaran dengan jumlah yang cukup signifikan. Selanjutnya, Anda bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting. 

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan usaha, ada info menarik yang sayang dilewatkan. Info tersebut adalah terkait layanan payment gateway yang bisa memberi kemudahan cara bertransaksi dengan para pelanggan. 

Saat ini telah hadir layanan payment gateway terbaik yang bisa menjadi solusi bagi para pelaku UMKM di Indonesia, yakni YUKK Payment. Layanan ini dapat membantu Anda dalam melakukan pemrosesan terhadap segala jenis pembayaran nontunai dari para pelanggan secara praktis. 

Cukup dengan satu layanan, Anda bisa melayani pembayaran dengan QRIS, e-wallet, kartu kredit, maupun virtual account. Dengan begitu, konsumen bisa memilih cara pembayaran yang nyaman bagi mereka. 

Baca juga: Lewat Satu Gateway, YUKK Merchant Bikin Bisnis Jadi Tak Rumit

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry