Lulus Kuliah Setelah 70 Tahun, Kakek Ini Wisuda Bareng Cucu

News | 29 December 2021
Lulus Kuliah Setelah 70 Tahun, Kakek Ini Wisuda Bareng Cucu
Rene dan cucunya dalam acara wisuda (Foto: Palo Alto College via Daily Mail)

Keinginan Rene Neira untuk menyelesaikan pendidikan tinggi begitu kuat. Namun, setiap kali keinginan itu muncul, selalu saja ada halangan. Sampai akhirnya cucunya lulus SMA dan masuk perguruan tinggi.

Ketika mendengar bahwa Melanie Salazar, cucunya, akan kuliah, warga San Antonio, Texas, Amerika Serikat, itu kembali bersemangat. Dia ingin melanjutkan kuliahnya yang sudah lama dia tinggalkan.

“Sejak 1950-an, dia berusaha untuk menyelesaikan S1-nya. Itu adalah salah satu cita-cita dan impian hidupnya. Namun, pada tahun 50-an itu, dia jatuh cinta dan menikah. Jadi, dia tidak bisa langsung melanjutkan sekolah,” cerita Melanie seperti dikutip YUKK dari Daily Mail.

Lulus Kuliah Setelah 70 Tahun, Kakek Ini Wisuda Bareng Cucu
(Foto: Facebook)

Rene sebenarnya sudah mulai kuliah pada usia 18 tahun. Namun, kuliahnya tidak selesai karena dia harus mengurus keluarganya. Dia harus bekerja untuk menghidupi istri dan lima orang anaknya.

Dia sempat mengambil sejumlah kursus. Namun, pekerjaannya di sebuah bank membuatnya tidak bisa belajar. Keinginan untuk kembali ke bangku universitas selalu terhalang oleh tuntutan untuk menghidupi keluarga.

Lulus Kuliah Setelah 70 Tahun, Kakek Ini Wisuda Bareng Cucu
(Foto: Instagram via Daily Mail)

Dia baru merasa menemukan jalan untuk kuliah lagi ketika cucunya lulus sekolah dan masuk perguruan tinggi. Akhirnya dia dan cucunya mengambil program D3 di Palo Alto College. Setelah lulus pada 2017 lalu, keduanya melanjutkan kuliah di Universitas Texas.

Selama kuliah, mereka memang tidak pernah duduk sekelas. Pasalnya dia memilih jurusan ekonomi. Sedangkan cucunya lebih tertarik pada komunikasi. Namun, mereka sering berangkat, belajar, dan makan siang bersama di kampus.

Di kampus, Rene dijadikan bintang kampus. Dia dianggap memberikan inspirasi dan motivasi kepada para mahasiswa dan mahasiswi untuk tidak berhenti belajar.

Lulus Kuliah Setelah 70 Tahun, Kakek Ini Wisuda Bareng Cucu
(Foto: UTSA via Daily Mail)

“Dari cerita yang saya dengar, dia selalu punya sesuatu untuk dikatakan, khususnya ketika profesor punya opini yang berbeda dengannya. Sering kali profesor berbicara tentang masa lalu dan bilang, ‘Hei, Rene, kamu pernah hidup pada masa itu. Ceritakan kepada kami apa yang kamu ingat dari masa itu.’ Saya pikir teman sekelasnya termotivasi dan terinspirasi,” jelas Melanie.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, Rene mengalami stroke ringan. Hal itu membuatnya harus menjalani perawatan selama beberapa waktu. Namun, dia tidak menyerah.

Lulus Kuliah Setelah 70 Tahun, Kakek Ini Wisuda Bareng Cucu
(Foto: UTSA via Daily Mail)

“Aku benar-benar terinspirasi oleh Kakekku. Meskipun kehilangan pendengaran, tidak punya mobil, harus naik kendaraan umum, mengadvokasi dirinya sendiri di kampus, aku benar-benar mengagumi gennya yang mana kuat dan tekun untuk tetap lanjut apa pun yang terjadi,” ungkapnya.

Pada 11 Desember lalu, keduanya diwisuda. Rene mengantongi gelar sarjananya pada usia 88 tahun.

“Semuanya terdiam. Aku tidak mendengar tepukan atau sambutan, tapi aku diberi tahu bahwa seisi stadium bergemuruh,” kata Melanie kepada Good Morning America.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry