Liliyana Natsir: Sekarang Saya Bisa Pensiun dengan Tenang

Sport | 28 January 2019
Liliyana Natsir pensiun
Liliyana Natsir melambaikan tangan setelah menjalani laga final terakhirnya (Foto: CNN Indonesia)

Liliyana Natsir merasa sudah bisa pensiun dengan tenang setelah laga final Indonesia Master 2019, Minggu (27/1), di Istora Senayan, Jakarta. Memang ia dan Tontowi Ahmad tidak bisa mempersembahkan gelar juara pada laga terakhirnya itu. Namun, penampilannya hingga babak final itu sudah lebih dari cukup.

“Saya bersyukur Tontowi mendampingi saya selama ini hingga saat ini, hingga masuk babak final [Indonesia Masters 2019]. Saya bisa pensiun dengan tenang,” katanya usai laga final.

Liliyana Natsir pensiun
(Foto: CNN Indonesia)

Pada babak final partai ganda campuran itu, Liliyana/Tontowi dikalahkan ganda campuran nomor 1 dunia dari China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Mereka tumbang dengan skor 21-19, 19-21, dan 16-21.

“Saya puas dengan penampilan saya. Mereka punya kecepatan dan tenaga yang kuat. Mereka lebih muda dan masih on fire. Dengan umur yang sudah senior, kami bisa membuat ganda China tersebut kesulitan dan hampir mengalahkan mereka,” ungkapnya.

Sebenarnya Liliyana/Tontowi punya peluang besar untuk mengalahkan ganda China itu. Mereka sudah memenangi game pertama dengan skor 21-19. Pada game kedua, mereka sempat memimpin perolehan angka 18-14. Namun, kesalahan demi kesalahan yang mereka lakukan membuat pasangan China itu bisa merebut game kedua.

Liliyana Natsir pensiun
(Foto: CNN Indonesia)

“Saat kami sudah unggul 18-14, ganda China mulai kelihatan ragu. Dia mulai kelihatan goyang. Namun, kami melakukan kesalahan. Seharusnya kami bisa tampil lebih tenang karena kami sedang unggul,” katanya.

Ia memang tidak dapat menutup perjalanan kariernya sebagai pebulu tangkis dengan hasil yang manis. Namun, menjadi runner-up dalam ajang bergengsi sekelas Indonesia Master tetaplah sebuah prestasi. Pasalnya, dengan usia yang tidak lagi muda, ia dan Tontowi bisa melangkah hingga ke partai puncak dan merepotkan pasangan muda dari China.

Liliyana Natsir pensiun
Info grafis (Sumber: Radar Semarang)

Bersama Tontowi, Liliyana berhasil meraih 2 gelar juara dunia (2013 dan 2017), hattrick All England, serta 1 medali emas Olimpiade. Ketika berpasangan dengan Nova Widianto, ia meraih 2 kali gelar juara dunia dan menggenggam medali perak Olimpiade. Itu belum termasuk gelar-gelar dari BWF Superseries. Gelar-gelar itu membuat ia masuk dalam daftar salah satu pemain bulu tangkis Indonesia dengan prestasi mentereng.

Terima kasih, Butet.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry