Liburan Sudah Usai! Inilah Hal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja

IHal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Liburan sudah berakhir. Waktu untuk melepaskan penat dan mengisi kembali energi sudah selesai. Sekarang saatnya kamu kembali bekerja. Kembali melakukan apa yang selama ini menjadi bagian dari rutinitasmu.

Gunakan energi yang kamu isi selama liburan itu untuk melakukan hal-hal baru dan hebat yang bisa mengubah hidupmu dan mungkin lingkunganmu. Aplikasikan insight yang kamu dapatkan selama liburan dalam tindakan yang konkret, tepat, dan terukur. Terjemahkan dalam cara dan konsep yang bisa dimengerti orang atau partnermu.

Agar semua pekerjaanmu berjalan baik setelah kembali dari liburan, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Dilansir dari Reader’s Digest, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika mulai bekerja.

Kembali Tanpa Rencana

Hal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja
Ilustrasi (Foto: google)

Tanyakan kepada orang-orang apa rencana mereka setelah kembali dari tempat liburan. Jangan heran bahwa banyak dari antara mereka yang tidak punya rencana. Tidak tahu harus melakukan apa ketika mulai bekerja lagi. Lori Scherwin, pendiri Strategize That, sebuah firma yang berkonsentrasi pada usaha untuk pembinaan dan pengembangan karier, memberikan sebuah saran yang penting: rencanakan tiga hal penting pertama yang akan kamu lakukan pada pagi hari ketika kamu mulai bekerja.

Tidak manfaatkan kesempatan

Hal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Setelah kembali dari liburan panjang, saatnya kamu membuat sebuah langkah penting untuk menghadapi setiap tantangan baru. “Paksa” dirimu untuk memanfaatkan kesempatan yang ada untuk melakukan sesuatu yang baru. Jika perlu, libatkan rekan kerjamu dalam proyek atau agenda yang sedang kamu lakukan. Dengan cara itu, mereka juga tertantang untuk melakukan sesuatu yang baru pada tahun yang baru ini.

Tidak punya tujuan yang spesifik

Hal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Banyak orang melakukan kesalahan ini. Pada akhir tahun, mereka membuat resolusi seperti ini: ingin meraih kesuksesan pada tahun yang baru. Entah mereka sadar atau tidak, resolusi seperti itu sangat umum. Dan tentu saja sulit untuk dipegang sepanjang tahun. Bahkan bisa sangat sulit untuk diwujudkan. Lalu apa yang harus dilakukan? Menurut Dr. Machin, buatlah beberapa strategi yang praktis. Misalnya, jangan mengatakan bahwa kamu ingin menjadi lebih produktif pada sepanjang tahun. Kamu harus tahu seperti apa “hari yang produktif” itu atau apa artinya “menjadi lebih produktif” pada hari ini. Setelah itu, tentukan langkah yang pasti untuk mewujudkan “hari yang produktif” itu.

Acuh tak acuh

Hal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja
Ilustrasi (Foto: google)

Fakta menunjukkan bahwa banyak orang acuh tak acuh pada apa yang terjadi di sekeliling mereka. Termasuk acuh tak acuh pada apa yang sedang dilakukan oleh orang lain yang sebenarnya punya efek positif. Sikap seperti ini jelas tidak positif. Bahkan dapat menjadi halangan untuk orang-orang yang sedang berjuang atau berusaha. Yang sebenarnya harus dilakukan adalah menunjukkan apresiasi pada apa yang sedang mereka lakukan. Apresiasi yang pantas dan tepat akan memotivasi mereka untuk bergerak lebih jauh.

Terjebak dalam “sindrom setelah liburan”

Hal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Kapan lagi bisa liburan selama ini? Masih lama, ya, liburan tengah tahun? Itu adalah dua dari sekian banyak pertanyaan orang-orang pada hari pertama kerja. Pertanyaan yang sebenarnya terdengar seperti keluhan. Keluhan-keluhan seperti itu adalah gelagat paling jelas dari “sindrom setelah liburan”. Tanpa bisa disangkal, sindrom itu sangat mempengaruhi produktivitas. Apa yang harus dilakukan? Lakukan pekerjaanmu dengan hati yang riang. Temukan hal yang menarik dari pekerjaanmu dan nikmati. Pada akhir hari, setelah berhasil melakukan pekerjaan itu, pujilah dirimu.

Mengira bahwa semuanya baik-baik saja

Hal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang adalah mengira bahwa semua orang baik-baik saja. Dan karena itu, mereka memperlakukan semua orang sama pada hari pertama kerja. Memberikan mereka beban yang sama. Bijaksanakah sikap seperti ini?  Mungkin kamu memang baik-baik saja. Mungkin kamu memang bisa menikmati liburan dengan tenang. Namun, rekan kerjamu belum tentu menikmati liburan dengan tenang sepertimu. Bisa jadi mereka mengalami hal tidak menyenangkan. Bisa jadi keluarga mereka sedang mengalami masalah atau bencana. Oleh karena itu, yang pertama kamu lakukan adalah bertanya bagaimana keadaan rekan kerjamu. Jika mereka sedang menghadapi masalah, bantulah mereka.

Tidak menyiapkan diri

Hal-Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan ketika Mulai Bekerja
Ilustrasi (Foto: google)

Tidak mudah untuk kembali fokus pada pekerjaan setelah liburan yang cukup panjang. Jangan heran bahwa tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk segera menyesuaikan diri dengan suasana kantor atau lingkungan kerja. Bagaimana mengatasinya? Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan melakukan persiapan sehari sebelumnya. Misalnya, menyiapkan pakaian kerja dan perlengkapan atau peralatan yang kamu butuhkan. Cara yang sederhana seperti itu memicu otakmu untuk memberikan tanda bahwa saatnya kamu kembali fokus pada pekerjaanmu.

#YUKKpakeYUKK

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry