Lebanon Berduka Dihantam Ledakan Dahsyat Bak Bom Atom

News | 5 August 2020
Lebanon Berduka Dihantam Ledakan Dahsyat Bak Bom Atom
Asap oranye membubung ke languit (Foto: AFP)

Selasa (4/8) itu, Hani Abughazaleh dan beberapa orang temannya sedang memancing ikan di pantai Beirut. Dari kejauhan, mereka mendengar beberapa ledakan kecil.

“Kami mendengar beberapa ledakan kecil dan melihat asap putih membubung tinggi,” katanya seperti dilansir CNN.

Segera dia mengambil telepon genggamnya dan merekam peristiwa itu. Ketika itu, jarum jam menunjukkan pukul 06.08 waktu setempat. Tidak lama kemudian, 7 detik setelah dia mulai merekam, terjadi sebuah ledakan besar. Seketika gelombang kejut tercipta di angkasa.

Lebanon Berduka Dihantam Ledakan Dahsyat Bak Bom Atom
Ledakan begitu dahsyat (Foto: AP Photo)

Dari berbagai video yang beredar melalui jejaring Twitter, bisa dilihat dan dirasakan dengan jelas betapa dahsyat dan mengerikannya ledakan itu. Ledakan kedua itu benar-benar hebat. Mengerikan. Dahsyat.

Gedung-gedung bergetar hebat. Asap membubung ke langit. Gelombang kejut berbentuk awan jamur menyapu lokasi di sekitar ledakan. Dan ketika awan jamur itu hilang, asap hitam segera menutupi langit Beirut.

“Ledakan itu seperti sebuah bom atom,” kata seorang warga Beirut bernama Makrouhie Yerganian.

Lebanon Berduka Dihantam Ledakan Dahsyat Bak Bom Atom
Sebanyak 78 orang meninggal dunia karena ledakan ini (Foto: AFP/STR)

Ledakan itu memang benar-benar dahsyat. Mengguncang seluruh kota Beirut. Bunyinya terdengar hingga ke seluruh pelosok Lebanon. Bahkan getaran akibat ledakan itu terasa hinggai ke Nikosia, ibu kota negara Kepulauan Siprus. Padahal jarak kota itu dari Beirut sangat jauh; 240 km.

“Saya telah mengalami semuanya, tapi tidak pernah yang seperti ini. Semua gedung di sekitarnya ambruk,” sambung pensiunan guru berusia 70 tahun yang sudah tinggal di dekat pelabuhan Beirut selama bertahun-tahun itu. Bahkan kehancuran perang sipil di Lebanon pada tahun 1975—1990 pun tidak sedahsyat ledakan itu.

Lebanon Berduka Dihantam Ledakan Dahsyat Bak Bom Atom
Kota Beirut luluh lantak (Foto: Getty Images)

Rekaman video AFP memperlihatkan dengan jelas seperti apa malapetaka itu. Korban berjatuhan. Area di lokasi ledakan hampir hancur total. Mobil-mobil terbalik dan terhempas bak mainan. Gudang-gudang ambruk. Yang mengalami luka-luka mencapai lebih dari 4.000 orang. Dan yang tewas, hingga berita ini diterbitkan, mencapai 78 orang.

“Seperti malapetaka. Ada mayat-mayat di tanah. Ambulans masih mengangkut korban tewas,” kata seorang tentara yang sedang berada di area pelabuhan Beirut.

Lebanon Berduka Dihantam Ledakan Dahsyat Bak Bom Atom
Asap membentuk gelombang kejut (Foto: tangkapan layar dari video Hani yang ditampilkan CNN)

Penyebab terjadinya ledakan itu belum diketahui secara pasti. Namun, Kepala Keamanan Umum Lebanon, Abbas Ibrahim, menduga bahwa ledakan itu berasal dari gudang penyimpanan bahan peledak yang disita dan disimpan di pelabuhan kota.

“Tampaknya ada gudang yang berisi material yang disita bertahun-tahun yang lalu dan tampaknya itu adalah bahan yang sangat eksplosif,” katanya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry