Lantaran NFT Langka Dijual Murah, OpenSea Digugat Rp14,3 Miliar

Lantaran NFT Langka Dijual Murah, OpenSea Digugat Rp14,3 Miliar
OpenSea (Foto: Istimewa)

OpenSea mendapat kritikan tajam dari para penggunanya. Bahkan sampai dibawa ke jalur hukum. Marketplace NFT (Non-Fungible Token) itu diklaim sangat rentan dibobol.

Bulan lalu, Todd Kramer, seorang kolektor NFT dengan total nilai US$2 juta atau setara dengan Rp31,4 miliar, kehilangan sejumlah NFT. Dia menduga telah menjadi korban phising setelah mengeklik tautan yang mirip dengan aplikasi pasar NFT yang dia gunakan. Dari 15 NFT itu, beberapa di antaranya merupakan gambar kera koleksi “Bored Ape Yacht Club”. Aset digital itu lalu dijual peretas di pasar NFT milik OpenSea.

Hacker Bobol OpenSea dan Curi NFT Senilai Rp24 Miliar
Ilustrasi (Foto: techiia.com)

Bulan ini, kembali OpenSea menghadapi masalah besar. Bahkan masalah ini telah dibawa ke jalur hukum. Dia digugat oleh salah satu penggunanya senilai US$1 juta.

Penggugat itu adalah Timothy McKimmy. Dia, seperti dikutip YUKK dari CoinDesk, adalah salah satu pemilik NFT gambar kera yang langka, Bored Ape. Pada 7 Februari lalu, dia mendapati NFT-nya terjual di OpenSea tanpa sepengetahuannya dengan harga di bawah pasar, yaitu 0,01 ETH (US$26 atau setara dengan Rp370.000). Padahal dia tidak mencantumkan NFT Bored Ape itu untuk dijual.

Laki-laki asal Texas itu yakin bahwa NFT gambar kera itu telah diretas. NFT itu, Bored Ape #3475, langka dan berharga mahal. Disebut langka karena NFT itu adalah salah satu dari 10.000 NFT kera koleksi Bored Ape Yacht Club yang terkenal. Tingkat kelangkaannya disebut berada pada posisi 14, sehingga lebih langka daripada NFT Bored Ape yang belum lama ini dibeli Justin Bieber seharga US$1,3 juta atau setara dengan Rp18,6 miliar.

Lantaran NFT Langka Dijual Murah, OpenSea Digugat Rp14,3 Miliar
Koleksi NFT Bored Aple Yacht Club (Foto: Yuga Labs/CoinDesk)

Dia telah melayangkan gugatannya kepada OpenSea. Tuntutan ganti ruginya senilai US$1 juta atau setara dengan Rp14,3 miliar.

“Kerentanan keamanan tergugat (OpenSea) memungkingkan pihak luar masuk secara ilegal melalui kode OpenSea dan mengakses dompet NFT penggugat untuk membuat daftar dan menjual NFT Bored Ape dengan fraksi harga sebenarnya (0.01 ETH). Pada dasarnya, kerentanan OpenSea memungkinkan orang lain untuk masuk melalui kodenya dan mencuri NFT,” demikian keterangan dari gugatan yang dilayangkan di Pengadilan Distrik Texas.

Lantaran NFT Langka Dijual Murah, OpenSea Digugat Rp14,3 Miliar
Ilustrasi (Foto: Crello)

Sebenarnya Timothy sudah berulang kali mencoba menyelesaikan masalah ini dengan OpenSea. Namun, OpenSea hanya berkata akan melakukan penyelidikan secara aktif. Tidak ada hasil. Oleh karena itulah, dia membawa kasus ini ke jalur hukum agar OpenSea memperketat keamanan platform-nya.

“Alih-alih menyetop platform-nya untuk memperbaiki dan mengatasi masalah keamanan ini, tergugat tetap terus beroperasi. Tergugat mempertaruhkan keamanan NFT pengguna dan dompet digital untuk terus mengumpulkan 2,5 persen dari setiap transaksi,” demikian bunyi keterangan gugatan itu.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry