Langka! Perempuan Ini Hamil Lagi Ketika Sedang Hamil

News | 3 April 2021
Langka! Perempuan Ini Hamil Lagi Ketika Sedang Hamil
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Pada tahun 2009 lalu, para dokter di Amerika Serikat dibuat bingung oleh Julia Grovenburg. Perempuan asal Arkansas itu, seperti diberitakan New York Times, hamil lagi ketika sedang hamil. Peristiwa ini disebut superfetation.

Superfetasi adalah sebuah keadaan ketika terjadi pembentukan janin lagi setelah sebelumnya sudah ada janin di dalam rahim. Sederhananya adalah adanya dua janin dalam satu rahim dengan usia kandungan yang berbeda. Penyebabnya adalah terjadinya pembuahan sel telur lain pada waktu yang berbeda.

Langka! Perempuan Ini Hamil Lagi Ketika Sedang Hamil
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Superfetasi inimemang merupakanperistiwa yang sangat langka. Mengapa? Karena, setelah sel telur dibuahi, terjadi perubahan fisik dan hormonal pada perempuan. Dan perubahan ini, seperti dikutip YUKK dari Very Well Family, membuat perempuan yang sedang hamil itu tidak mungkin hamil lagi.

Dalam kenyataannya, sangat sedikit perempuan yang mengalami superfetasi itu. Kali ini, superfetasi itu terjadi lagi. Adalah Rebecca Roberts yang mengalaminya. Perempuan asal Inggris itu dinyatakan hamil lagi setelah 3 pekan hamil.

Perempuan berusia 39 tahun itu, seperti dikutip dari Livescience, dinyatakan hamil tahun lalu setelah bertahun-tahun berjuang untuk mendapatakan momongan. Ketika usia kehamilannya memasuki pekan ke-12, dokter mendeteksi kehadiran janin kedua melalui USG. Ukurannya berbeda dan diperkirakan 3 pekan lebih muda.

Langka! Perempuan Ini Hamil Lagi Ketika Sedang Hamil
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Reaksi awal saya adalah ‘Kok, bisa kembarannya tidak ketahuan?’ Selanjutnya baru ketahuan bahwa ini bukan salah saya, tapi memang kehamilan yang tidak biasa,” kata dr. David Walker dari Royal United Hospital.

Superfetasi ini berakhir dengan induksi persalinan. Pasalnya, pada pekan ke-33, Roberts diberi tahu bahwa bayi yang lebih muda berhenti tumbuh karena ada masalah pada tali pusat. Bayi yang lebih tua berada di NICU (neonatus intensive care) selama 3 pekan dan yang lebih muda selama 95 hari. Keduanya sudah bisa pulang dalam kondisi sehat.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry