Lakukan Ini Jika Muncul Alergi Setelah Divaksin Covid-19

Lakukan Ini Jika Muncul Alergi Setelah Divaksin Covid-19?
Vaksin (Foto: Freepik)

Banyak orang mengalami alergi setelah divaksin Covid-19. Ini termasuk risiko yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Alergi bisa terjadi karena ada kandungan baru yang masuk ke dalam tubuh.

“Kalau ada riwayat alergi obat, itu bahannya beda dengan vaksin. Jadi, masih boleh (disuntik vaksin Covid-19),” kata ahli alergi dan imunologi, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD-KAI, seperti dikutip YUKK dari detikcom.

Dalam vaksinasi, penerima vaksin Covid-19 akan diminta menunggu selama 30 menit setelah penyuntikan untuk melihat ada atau tidaknya reaksi alergi. Jika ada, penanganan medis akan diberikan. Namun, menurut Prof. Iris, sebagian reaksi alergi justru timbul pada lebih dari 30 menit setelah penyuntikan. Bahkan ada yang muncul beberapa hari kemudian.

Lakukan Ini Jika Muncul Alergi Setelah Divaksin Covid-19?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Ada yang langsung ketahuan 30 menit pertama. Bisa juga setelah 30 menit sudah di rumah baru terjadi,” katanya.

Petugas medis sudah disiapkan untuk menangani orang yang mengalami gejala reaksi terhadap vaksin. Misalnya, adrenalin yang harus siap diberikan kepada penerima vaksin yang alami syok.

“Jika seseorang disuntik apa pun terjadi reaksi alergi, vaksin kedua tidak boleh karena dari yang pertama dia alergi berat. Sekarang kita belum tahu (ada reaksi) kalau dia belum ambil dosis pertama,” terangnya.

Lakukan Ini Jika Muncul Alergi Setelah Divaksin Covid-19?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Semua orang memiliki risiko yang sama untuk mengalami alergi setelah divaksin Covid-19. Orang yang menunjukkan reaksi alergi akibat vaksin Covid-19 hanyalah orang yang sudah pernah disuntik vaksin dosis pertama. Jika mengalami gejala reaksi alergi ketika sudah di rumah, penerima vaksin diminta untuk langsung mendatangi IGD terdekat untuk penanganan medis.

“Kalau ada reaksi apa-apa, langsung lapor ke IGD mana pun terdekat. Harus pascakejadian, baru bisa ada penanganan,” katanya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry