Lakukan 4 Hal Ini Agar Tetap Sehat Selama Ramadan

Tips agar tetap sehat selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kamu membutuhkan tubuh yang sehat untuk bisa menjalani Ramadan ini. Mengapa? Karena kamu harus bisa menahan rasa lapar dan haus sejak subuh hingga magrib. Dan itu harus kamu lakukan selama sebulan ini. Tidak mudah, bukan?

Bayangkan jika tubuhmu tidak sehat. Ibadah Ramadanmu akan berantakan. Kamu tidak akan bisa berpuasa dengan lancar. Jika Ramadanmu tidak sempurna, bagaimana bisa kamu berharap dapat merayakan Idulfitri dengan sempurna?

Agar Ramadanmu berjalan lancar, perhatikan kesehatanmu. Kamu bisa melakukan 4 hal sederhana ini selama Ramadan.

Tetap penuhi cairan tubuh

Tips agar tetap sehat selama Ramadan
(Foto: Freepik)

Minumlah setidaknya 8 gelas air antara waktu berbuka puasa dan sahur. Jangan minum minuman berkafein karena minuman itu bersifat diuretik. Minuman berkafein akan menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak air melalui urin. Selain itu, minuman bersoda juga bukan merupakan sumber hidrasi yang baik karena dapat memperlambat proses pencernaan. Kamu bisa menambahkan elektrolit ke dalam air karena dapat membantu mengisi kembali cadangan vitamin tubuh.

Hindari gorengan

Tips agar tetap sehat selama Ramadan
(Foto: Freepik)

Banyak orang berbuka puasa dengan gorengan. Masalahnya adalah mengonsumsi makanan yang tidak bergizi dapat menyebabkan perut kembung dan badan kelelahan pada hari berikutnya. Mengapa? Karena perut sangat sensitif pada makanan berminyak. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Konsumsilah makanan yang mengandung nilai gizi lebih tinggi saat sahur dan berbuka.

Lakukan olahraga ringan

Tips agar tetap sehat selama Ramada
(Foto: Freepik)

Siapa bilang kamu tidak boleh berolahraga ketika berpuasa? Lihatlah para atlet. Mereka tetap berlatih dan bertanding sekalipun sedang berpuasa. Justru sangat disarankan untuk tetap berolahraga sekalipun kamu sedang berpuasa. Namun, olahraga yang dipilih haruslah olahraga ringan. Melakukan olahraga ringan seperti berjalan, peregangan seluruh tubuh, yoga atau meditasi sangat dianjurkan karena dapat membantu menjaga fungsi tubuh dan sirkulasi darah.

Perhatikan asupan garam

Tips agar tetap sehat selama Ramada
(Foto: Freepik)

Perhatikan jenis garam apa yang dikonsumsi: apakah dalam bentuk garam meja yang ditaburkan pada makanan atau sebagai bahan yang dicampur ke dalam hidangan yang dimasak? Jangan terlalu banyak mengonsumsi garam pada malam hari. Asupan garam yang tinggi akan meningkatkan rasa haus. Tentu saja rasa haus yang tinggi bisa mengganggu puasa.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry