Ladies, Vaginal Scraping Punya Risiko Besar, Lho

Risiko vaginal scraping
Ilustrasi (Foto: iStock)

Mel B, salah satu personel Spice Girls, mengaku bahwa pada Desember 2018 lalu, ia menjalani prosedur vaginal scraping. Itu adalah prosedur peremajaan jaringan vagina dengan sinar laser.

“Dokter mengorek bagian dalam vaginaku dan membuat jaringan yang baru. Hampir seperti yang akan dilakukan korban pemerkosaan, kamu ingin membersihkan dirimu sendiri,” kata personel Spice Girls itu seperti dikutip dari Health.

Ia memilih prosedur itu untuk menghilangkan “jejak” mantan suaminya, Stephen Belafonte. Pasalnya, selama 10 tahun hidup bersama, ia mengaku disiksa secara fisik dan mental oleh mantan suaminya itu.

Risiko vaginal scraping
Mel B (Foto: Northern Star)

“Aku tidak mau ada perasaan bahwa orang terakhir yang pernah masuk ke dalam vaginaku adalah monster ini,” katanya dalam memoir berjudul Brutally Honest.

Rupanya banyak perempuan yang tertarik untuk mencoba cara ini. Namun, prosedur ini ditentang sejumlah dokter dengan alasan risiko kesehatan. FDA Amerika Serikat bahkan telah menerbitkan peringatan kesehatan tentang prosedur vaginal scraping pada Juli 2018 lalu.

Seperti dilansir laman The Sun, sejumlah pakar kesehatan mengatakan bahwa prosedur itu dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan.

Risiko vaginal scraping
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

“Setiap scraping jaringan epitel vagina dapat mempengaruhi ekosistem vagina dan secara teoritis dapat menyebarkan HPV secara lokal,” kata dr. Jen Gunter, ginekolog dan penulis The Vagina Bible.

HPV adalah human papillomavirus. Ini adalah virus yang dapat menyebabkan tumbuhnya kutil di tubuh.

“(Ini) berisiko meningkatkan kerentanan perempuan terhadap infeksi,” sambungnya.

Epitel vagina beregenerasi sendiri setiap 96 jam, termasuk sel-sel permukaan yang dilepaskan setiap 4 jam. Oleh karena itu, perempuan tak perlu melakukan vaginal scraping jika ingin menghilangkan residu fisik dari penis pria sebab vagina sendiri bisa menutupi hal itu.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry