Ladies, Stres Jenis Ini Sebabkan Penuaan Dini, Lho

Ladies, Stres Jenis Ini Sebabkan Penuaan Dini, Lho
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ada banyak faktor yang menyebabkan penuaan dini. Mulai dari gaya hidup hingga perawatan kesehatan dan kecantikan yang salah. Salah satunya adalah stress.

Stres adalah reaksi tubuh yang muncul ketika seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau perubahan. Dalam konteks tertentu, stress juga bisa dipicu oleh situasi atau pikiran yang membuat orang merasa putus asa, gugup, marah, dan bersemangat. Ketika menghadapi stress, respons tubuh dapat berupa napas yang cepat, detak jantung yang cepat, otot kaku, dan tekanan darah meningkat.

Ada beberapa jenis stress. Salah satunya adalah stress oksidatif. Stres jenis ini memang belum terlalu familiar di telinga kebanyakan orang. Namun, stress ini punya efek yang sangat serius.

Ladies, Stres Jenis Ini Sebabkan Penuaan Dini, Lho
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menurut Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals, dr. Adeline Devita, stres oksidatif adalah keadaan ketika jumlah radikal bebas dan antioksidan di dalam tubuh tidak seimbang. Radikal bebas merupakan molekul yang sangat reaktif untuk berinteraksi dengan molekul-molekul lain di dalam sel tubuh. Radikal bebas ini bisa merugikan untuk tubuh.

“Radikal bebas akan menyebabkan kerusakan pada membran sel, protein, maupun gen di dalam tubuh kita,” katanya seperti dikutip YUKK dari detikHealth.

Radikal bebas bisa berasal dari dalam tubuh. Bisa juga dari luar. Misalnya, dari lingkungan.

“Kemunculan radikal bebas juga dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar tubuh manusia. Polusi, paparan sinar matahari, limbah industri, merokok, asap kendaraan, dan konsumsi alkohol. Jika jumlah antioksidan yang lebih sedikit daripada jumlah radikal bebas, itulah yang disebut stres oksidatif,” ungkapnya.

Ladies, Stres Jenis Ini Sebabkan Penuaan Dini, Lho
Ilustrasi: radikal bebas dari polusi udara (Foto: Freepik)

Jika stress oksidatif ini tidak segera ditangani, maka akan terjadi berbagai gangguan kesehatan. Termasuk di antaranya adalah penuaan dini.

“Radikal bebas dapat bermanifestasi pada tubuh, sehingga berisiko terserang berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit neurodegenaritf, parkinson, alzheimer, hingga kanker. Gejala penuaan dini juga dapat terjadi seperti munculnya kerutan dan garis halus pada wajah,” jelasnya.

Ladies, Stres Jenis Ini Sebabkan Penuaan Dini, Lho
Ilustrasi penuaan dini (Foto: Freepik)

Salah satu cara untuk mengatasi stres oksidatif adalah konsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan adalah suatu material yang dapat menetralisir atau menangkal radikal bebas.

“Rutin mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat mengurangi risiko terkena dampak buruk radikal bebas. Makanan yang kaya antioksidan dan bisa dikonsumsi seperti apel, pir, anggur, jeruk, pisang, mangga, pepaya, brokoli, dan minyak zaitun,” katanya.

Smoothies dari El Granola (Foto: Instagram)

Makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan itu bisa kamu dapatkan melalui fitur “YUKK Online”. Di situ ada banyak toko yang menjual makanan dan minuman sehat. Ada Melogranic, El Granola, My Super Salad, Nugie Catering, Nutslicious Almond, Orlee Food, Avocado Lovers, dan lainnya.

Kabar gembiranya adalah jika kamu membayar belanjaanmu dengan YUKK Cash, kamu akan mendapatkan cashback 15%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point. Jumlahnya sangat besar; bisa mencapai 30 ribu YUKK Point.

Ladies, Stres Jenis Ini Sebabkan Penuaan Dini, Lho
Belanja lewat YUKK Online lebih mudah dan unsung (Grafis: YUKK)

Untuk apa poin-poin itu? Poin-poin itu bisa kamu gunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, angsuran bulanan, dan iuran internet dan TV Kabel. Poin-poin itu juga bisa kamu gunakan untuk membeli paket Spotify, JOOX, dan Sushiroll serta voucher game.

 

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry