Ladies, Ini Lho Bahaya Mencukur dan Mencabut Alis Mata

jangan mencabut alis
Ilustrasi (Foto: goodhousekeeping.co.uk)

Mencukur dan kemudian melukis alis mata sudah menjadi tren. Sebagian besar perempuan melakukan itu. Mereka mencukur dan mencabut alis mata dan kemudian menggantikannya dengan pensil alis. Apalagi kalau bukan karena ingin tampil beda.

Alih-alih terlihat manis, pada beberapa orang, tindakan mencukur, mencabut, dan melukis alis justru membuat wajah mereka terlihat “aneh”. Tampak jelas bahwa ada yang “tidak beres” pada wajah mereka. Tidak lagi natural. Tidak lagi cantik.

Sudah sejak dulu, para ilmuwan melarang orang untuk mencukur dan mencabut alis mata. Tidak karena tindakan itu akan membuat wajah tidak lagi tampak natural, tetapi karena ada alasan lain. Dan alasan ini jauh lebih penting.

jangan mencukur alis
Ilustrasi (Foto: google)

Para ilmuwan mengatakan bahwa alis berfungsi menjaga kelembapan mata. Alis akan membantu mengalihkan air hujan atau keringat ke samping wajah, sehingga tidak masuk ke dalam mata. Dengan demikian, kita bisa melihat objek dengan jelas sekalipun kita sedang berkeringat atau berjalan di bawah guyuran hujan.

Fungsi lain dari alis adalah menahan debu atau objek asing yang masuk ke dalam mata. Alis juga membuat wajah terlihat lebih indah. Dan alis menjadi fitur penting dalam ekspresi emosi.

Melihat pentingnya fungsi alis di atas, maka mencukur dan mencabut alis bukanlah langkah yang tepat. Berikut beberapa risiko kesehatan yang muncul jika Anda mencukur dan mencabut alis:

Timbulnya jerawat
Jika Anda mencukur dan mencabut alis atau menghilangkannya dengan obat tertentu, kulit akan lebih rentan pada zat tertentu yang dapat memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

jangan cabut alis
Ilustrasi (Foto: www.self.com)

Iritasi pada mata
Salah satu bahaya yang muncul karena gundulnya alis adalah masuknya keringat atau benda asing ke dalam mata. Keringat akan mengiritasi mata karena mengandung garam.

Haid tidak teratur
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mencukur dan mencabut alis mata dapat mengganggu hormon dan mempengaruhi sekresi hormon tiroid. Kadar hormon yang tidak seimbang akan menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, saraf-saraf tegang, dan obesitas. Saraf yang tegang dapat memicu stress dan insomnia.

Haid tidak teratur
Ilustrasi (Foto: google)

Infeksi pada kulit
Masalah serius lain yang muncul karena tindakan mencabut dan mencukur alis mata adalah terjadinya infeksi pada kulit. Seorang dermatolog dari Amerika Serikat mengatakan bahwa mencabut alis mata dapat membuat kulit trauma. Gejala-gejalanya adalah kulit alis bengkak, kemerahan, dan rambut tumbuh ke dalam kulit, sehingga terjadi infeksi.

Risiko kanker

jangan cabut alis
Ilustrasi (Foto: google)

Kebiasaan mencabut alis juga memicu masalah yang serius. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa kebiasaan itu bisa memicu risiko kanker. Mengapa? Mencabut rambut di atas mata dapat mengakibatkan terjadinya pembekuan darah di sekitar tumbuhnya rambut dan bagian tertentu di dalam tubuh. Darah yang menggumpal selama bertahun-tahun itu dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker.

Jadi, mulai dari sekarang, berhentilah melakukan kebiasaan yang salah itu sebelum timbul masalah kesehatan yang serius. Jika Anda ingin merapikannya, rapikan sewajarnya saja. Jangan menggundulinya atau bahkan mencabutinya dan kemudian menggantikannya dengan pensil alis.

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
3
wow
0
sad
0
angry