Kreator SpongeBob SquarePants Itu Sudah Pergi

Kreator SpongeBob and SquarePants
Stephen Hillenburg dan karakter ciptaannya (Foto: Getty Images)

Nickelodeon, channel televisi berbayar di Amerika, sedang berduka. Senin (26/11) lalu, Stephen Hillenburg meninggal dunia. Ia meninggal pada usia 57 tahun

“Kami sangat sedih dengan berita bahwa Steve Hillenburg telah meninggal dunia setelah perjuangannya dengan penyakit ALS yang ia idap,” kata pihak Nickelodeon.

Steve adalah pencipta Spongebob Squarepants, animasi paling beken di seluruh dunia. Hasil karyanya itu pertama kali ditayangkan di televisi pada Mei 1999. Hingga saat ini, serial kartun ini telah ditayangkan hampir 250 episode.

Kreator SpongeBob and SquarePants
(Foto: Nickelodeon)

“Dia adalah seorang teman yang sangat dicintai. Steve memberikan jiwa pada SpongeBob SquarePants dengan rasa humor dan kepolosan yang unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana-mana,” ungkap pihak Nickelodeon.

Kepergian Steve jelas adalah kehilangan besar untuk anak-anak di seluruh dunia. Berkat imaginasi dan kreativitasnya, anak-anak di seluruh dunia mendapatkan hiburan sekaligus pengetahuan.

“Karakter original dan dunia Bikini Bottom ciptaannya akan selalu menjadi pengingat akan optimism, persahabatan, dan kekuatan imaginasi tanpa batas,” kata pihak Nickelodeon.

Kreator SpongeBob and SquarePants
(Foto: Nickelodeon)

Pemilik nama lengkap Stephen McDannell Hillenburg itu lahir di Lawton, Oklahoma, Amerika Serikat, 21 Agustus 1961. Sejak kecil, ia sudah tertarik pada dunia laut dan dunia seni. Ketika bekerja di Orange County Marine Institute, ia menulis komik informatif berjudul The Intertidal Zone untuk mengedukasi para siswanya.

Pada tahun 1989, 2 tahun setelah meninggalkan Orange County Marine Institute, ia masuk California Institute of the Arts untuk mengembangkan keterampilannya dalam bidang animasi. Selama periode ini, tepatnya pada tahun 1992, ia membuat film animasi berjudul The Green Beret dan Wormholes.

Kreator SpongeBob and SquarePants
(Foto: Nickelodeon)

Kesuksesan kedua film animasi buatannya itu membawanya ke Nickelodeon. Ia ditawari pekerjaan sebagai sutradara serial berjudul Rocko’s Modern Life. Sitkom animasi ciptaan Joe Murray itu ternyata tidak bertahan lama.

Pada tahun 1994, Steve mulai menciptakan SpongeBob SquarePants. Animasi itu adalah pengembangan karakter dan konsep dari The Intertidal Zone yang dibuatnya ketika masih bekerja sebagai guru. Lima tahun kemudian, animasi itu tayang di televisi.

Kreator SpongeBob and SquarePants
(Foto: REUTERS)

Tak disangka, animasi itu sukses. Berkat itu pula, namanya mulai terkenal. Ia dan karyanya menyabet sejumlah penghargaan bergengsi: 4 Emmy Awards, 8 Golden Reel Awards, 15 Kid’s Choice Awards, 2 BAFTA Children’s Awards, dan 6 Annie Awards. Ia juga mendapat penghargaan Television Animation Award dari National Cartoonists Society.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry