KONI Resmi Akui eSports sebagai Cabang Olahraga

Sport | 2 September 2020
KONI Resmi Akui eSports sebagai Cabang Olahraga
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sebuah kabar gembira untuk dunia e-sport di Indonesia. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui e-sport sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia. Pengakuan dan penetapan ini dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual pada 25—27 Agustus lalu.

e-sport layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti olahraga pada umumnya,” kata Bambang Sunarwibowo, Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), seperti dikutip dari detikINET.

Dengan pengakuan resmi pemerintah Indonesia ini, e-sport dapat ikut dipertandingkan dalam kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). PB ESI menjadi satu-satunya badan resmi pemerintahan yang menaungi e-sport sebagai sebuah olahraga prestasi di Indonesia di bawah KONI.

KONI Resmi Akui eSports sebagai Cabang Olahraga
Rakernas KONI Pusat (Foto: PB Esports Indonesia)

“Alasan lainnya adalah karena e-sport sudah banyak dipertandingkan, baik dalam event nasional maupun internasional, termasuk dalam Asian Games 2018 dan SEA Games 2019,” sambungnya.

KONI mendukung penuh perkembangan e-sport di Indonesia. Dukungan ini diharapkan bisa semakin memacu para atlet e-sport untuk berprestasi pada tingkat dunia.

KONI Resmi Akui eSports sebagai Cabang Olahraga
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“KONI mendukung penuh perkembangan e-sport di Indonesia. Semoga di bawah naungan PB ESI, atlet dan tim e-sport Indonesia bisa menciptakan prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa,” kata Ade Lukman, Sekretaris Jenderal KONI Pusat.

Perlu diketahui bahwa e-sport adalah sebuah game interaktif dan kompetitif yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, konsol, telepon pintar, dan perangkat lainnya. Indonesia diketahui merupakan pasar besar e-sport. Riset Pokkt Decision Lab dan Media Marketing Association mengungkapkan bahwa, saat ini, ada 60 juta pemain mobile game di Indonesia. Diperkirakan jumlahnya meningkat menjadi 100 juta pada tahun 2020 ini.

KONI Resmi Akui eSports sebagai Cabang Olahraga
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Beberapa tim asal Indonesia sudah mengukir prestasi dengan menjuarai kompetisi tingkat dunia. Misalnya, EVOS Esports pada ajang M1 World Championship. Selain itu, ada juga Bigetron Esports yang menjuarai kompetisi PUBG Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry