Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus

Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus
(Foto: Instagram/@saffronllewellyn)

Kepergian Bondan Winarno memang merupakan sebuah kehilangan untuk dunia kuliner. Sebuah kehilangan besar karena lelaki kelahiran Surabaya, 29 April 1950, itu punya andil yang luar biasa besar untuk melestarikan kuliner khas Indonesia. Selain dengan menggagas lahirnya Jalansutra, sebuah komunitas wisata boga yang sangat terkenal, ia juga memandu acara Wisata Kuliner dan menjadi juri dan pembicara dalam berbagai acara masak-memasak.

Dunia kuliner memang kehilangan Bondan. Namun, yang sangat merasa terpukul adalah Yvonne dan ketiga anaknya, Gwendolin Amalia Winarno, Marisol Winarno, dan Eliseo Raket Winarno. Mereka telah kehilangan seorang lelaki yang hebat; lelaki yang selama ini menjadi pegangan dan sumber inspirasi mereka.

Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus
Bondan dan Yvonne berziarah ke makam orang tua Yvonne (Foto: Instagram/@maknyusbw)

Yvonne tenggelam dalam duka yang dalam. Sejak Rabu (29/11) lalu, Yvonne menjalani sisa hidupnya hanya bersama anak-anak dan cucunya. Tidak ada lagi Bondan di sisinya. Sejak pagi itu, ia melewati hari demi hari hanya bersama anak-anak dan cucunya. Tidak ada lagi Bondan di sampingnya.

“Sangat berduka, tapi Ibu saya sudah relakan dan sangat siap. Saat dokter mengatakan sudah sulit bertahan, dia (Yvonne) bilang sudah merelakan,” kata Eliseo di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, Rabu (29/11) lalu, seperti dilansir detik.com.

Yvonne tenggelam dalam duka yang dalam. Sejak Rabu (29/11) itu, ia tidak akan bisa lagi melihat senyum lelaki yang mewarnai hari-harinya sejak tahun 1974 itu. Sejak Rabu kelabu itu, ia tidak akan pernah bisa lagi dipeluk lelaki yang pernah diciumnya pada suatu malam pada Juli 1974 itu.

Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus
Bondan merasa sebagai ayah paling batavia di dunia (Foto: Instagram/@maknyusbw)

Ditolak Wanita Jawa
Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atasnya, Bondan kuliah di Universitas Diponegoro. Ia mengambil jurusan Arsitektur. Namun, kuliahnya tidak selesai karena ia sibuk bekerja sebagai fotografer Puspen Hankam di Jakarta. Ia menjalani pekerjaan itu hingga tahun 1970.

Di kampus ini, seperti dilansir tribunnews.com, ia pernah menggoda seorang gadis Jawa. Ia memang ingin mempunyai istri orang Jawa. Namun, cintanya ditolak gadis itu. Penolakan itu membuatnya bertekad untuk tidak akan lagi berhubungan dengan perempuan Jawa.

Bondan, kemudian melanjutkan kuliahnya di Universitas Prof. Dr. Mustopo. Namun, ia tidak lagi memilih Fakultas Teknik seperti sebelumnya, tetapi fakultas lain. Pilihannya adalah Fakultas Publisistik.

Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus
Bondan dan Yvonne minum kopi bersama kenalan (Foto: Instagram/@maknyusbw)

Sambil kuliah, ia berusaha melatih dan mengembangkan keahliannya. Mulai dari mengikuti kursus periklanan, pemasaran, manajemen, keuangan, jurnalisme, penerbitan, hingga produksi film. Setelah kuliah, ia bekerja di perusahaan periklanan dan berhasil menjadi manajer pada usia 25 tahun.

Ciuman Mendadak
Di perusahaan periklanan itulah, pada tahun 1974 itu, ia bertemu dengan seorang perempuan cantik. Namanya Yvonne. Perempuan itu berdarah campuran Indonesia-Belanda.

Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus
(Foto: kapanlagi.com)

Pada suatu hari, perusahaan meminta Bondan terbang ke Belanda. Sebuah kesempatan yang tentu saja tidak mau disia-siakannya. Masalahnya adalah ia belum mempunyai visa. Akhirnya ia meminta tolong kepada Yvonne agar ibunya mau mempermudah prosesnya dalam pengurusan visa di Kedutaan Belanda.

Beberapa bulan kemudian, Yvonne memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan periklanan itu karena sudah mendapat pekerjaan baru. Sebuah peristiwa yang tentu saja tidak menyenangkan untuk Bondan karena itu berarti ia tidak akan bisa bertemu lagi dengan Yvonne. Namun, peristiwa itu juga merupakan hal yang indah karena pada titik itulah siapa Bondan di mata Yvonne menjadi jelas.

Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus
Bondan bersama Eliseo, putranya, menantu, dan cucunya menikmati waktu senggang di Plaza Senayan (Foto: Instagram/@maknyusbw)

Semuanya berawal dari acara perpisahan yang digelar pada bulan Juli tahun itu. Setelah acara perpisahan itu, Bondan mengantar Yvonne pulang ke rumahnya. Mereka naik taksi. Sebelum turun dari taksi, tiba-tiba saja, Yvonne mencium pipinya.

Bondan kaget. Ia tidak menyangka bahwa Yvonne akan menciumnya seperti itu. Dan ia ingin tahu isyarat apa yang ditunjukkan perempuan yang usianya 7 tahun lebih tua daripadanya itu dengan ciuman itu. Yvonne mengatakan bahwa dia menyukainya.

Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus
(Foto: Instagram @maknyusbw)

Sejak ciuman mendadak di dalam taksi itu, hubungan Bondan dan Yvonne menjadi semakin serius. Semakin dalam. Hingga akhirnya, pada suatu hari, ia mengajak Yvonne untuk menikah. Namun, Yvonne menolak. Dia masih trauma dengan pernikahan pertamanya. Dari pernikahan pertama itu, Yvonne dikaruniai dua orang anak: Marisol dan Eliseo Raket.

Bukan Bondan namanya jika ia menyerah. Ia menunjukkan bahwa ia benar-benar mencintai Yvonne dan kedua anaknya. Dan ia membuktikannya. Akhirnya Yvonne mau menikah dengannya. Masalahnya adalah keluarga Bondan berkeberatan. Ibunya menentang rencana pernikahan itu karena status dan kewarganegaraan Yvonne. Sikap ibunya baru berubah ketika buah hati mereka, Gwendolin, lahir.

Kisah Cinta Bondan Winarno dan Yvonne yang Tidak Terendus
Bondan dan keempat orang cucunya (Foto: Instagram/@maknyusbw)

Bondan dan Yvonne menikah pada 12 Januari 1975. Kurang lebih 6 bulan setelah ciuman mendadak di dalam taksi itu. Mereka memperbaharui janji pernikahan mereka dalam sebuah kesempatan ziarah ke tanah suci, Yerusalem, pada tahun 2003 lalu. Mereka melakukannya di Kanaan, Israel.

Selamat jalan, Bondan Winarno. Semoga arwahmu diterima di sisi Tuhan.

#YUKKpakeYUKK

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry