Kisah Anak Ajaib: Baru 13 Tahun, Sudah Menjadi Sarjana Fisika

News | 12 May 2022
Kisah Anak Ajaib: Baru 13 Tahun, Sudah Menjadi Sarjana Fisika
Elliott Tanner (Foto: elliotttanner.com)

Pada umumnya, anak-anak seumurannya masih duduk di bangku SMP. Tepatnya kelas 1 SMP. Namun, dia sudah lulus kuliah. Dia sudah mengantongi gelar sarjana fisika.

Demikianlah Elliott Tanner. Remaja berusia 13 tahun itu baru saja lulus dari University of Minnesota. Dia tercatat sebagai lulusan termuda perguruan tinggi itu. Bahkan sudah terdaftar sebagai calon penyandang gelar Ph.D di kampusnya setelah keinginannya untuk melanjutkan program doktoral di kampus itu diterima.

“Saya merasa sangat gembira. Saya masih tidak menyangka,” ungkapnya seperti dikutip YUKK dari Live Science.

Kisah Anak Ajaib: Baru 13 Tahun, Sudah Menjadi Sarjana Fisika
Elliott di kamarnya (Foto: Facebook)

Elliott telah menunjukkan kemampuan dan minat yang besar pada matematika sejak usia 3 tahun. Pada usia 5 tahun, dia didaftarkan orang tuanya, Tanner dan Michelle, di taman kanak-kanak setempat. Namun, tidak lama dia belajar di situ. Dia dikeluarkan lantaran pendidikan usia dini itu dianggap tidak lagi cocok untuknya.

Mengapa pendidikan di taman kanak-kanak itu tidak cocok untuknya? Karena ketika anak-anak seumurannya bermain di taman, dia sudah berbicara tentang akselerator partikel.

“Dia berbicara tentang akselerator partikel ketika dia berusia 5 tahun, ketika anak-anak lain berpura-pura menjadi Superman di taman bermain,” cerita Michelle, ibunya.

Kisah Anak Ajaib: Baru 13 Tahun, Sudah Menjadi Sarjana Fisika
(Foto: Michelle Tanner)

Dikeluarkannya Elliott dari taman kanak-kanak tidak membuat Michelle dan Tanner menyerah. Mereka tetap ingin putra tunggal mereka itu belajar. Akhirnya mereka memutuskan untuk menyediakan fasilitas homeschooling. Karena Elliott masih berusia 5 tahun, mereka mencoba membatasinya pada kurikulum untuk anak seusianya.

“Elliott akhirnya belajar dan mengonsumsi informasi lebih cepat daripada yang bisa kami berikan,” kata Tanner.

Kalau kamar anak-anak seumurannya penuh dengan mainan, kamar Elliott tidak demikian. Kamarnya justru dipenuhi dengan buku pelajaran. Bocah itu bahkan sering menghabiskan uang hadiah ulang tahunnya untuk membeli buku ketimbang mainan.

Kisah Anak Ajaib: Baru 13 Tahun, Sudah Menjadi Sarjana Fisika
Elliot di depan kampusnya (Foto: Michelle Tanner)

Pada usia 9 tahun, Elliott telah menyelesaikan sebagian besar kurikulum sekolah menengah biasa. Dia lalu didafatarkan di community college setempat. Di situlah Elliot tertarik untuk belajar fisika.

“Untuk waktu yang lama, saya ingin menjadi ahli matematika. Kemudian saya dihadapkan pada kelas fisika yang sangat menggugah dan menginspirasi saya untuk belajar lebih banyak tentang rahasia dunia,” kata Elliott.

Pada usia 11 tahun, Elliott dipindahkan ke University of Minnesota untuk mulai belajar fisika dan matematika. Di sini, dia membuat para profesor dan teman-teman sekelasnya yang jauh lebih tua tercengang.

Kisah Anak Ajaib: Baru 13 Tahun, Sudah Menjadi Sarjana Fisika
Elliott diliput media (Foto: Facebook)

“Kadang-kadang ada kebingungan singkat mengapa saya ada di sana (di kelas), tetapi itu cepat hilang,” katanya.

Segera dia mendapat julukan “anak ajaib”. Media-media mulai mewawancarai dia dan keluarganya. Dia lalu dibanding-bandingkan dengan Sheldon Cooper, karakter utama dalam sitkom Young Sheldon, sebuah spin-off prequel dari The Big Bang Theory. Dia bahkan berteman dengan Iain Armitage, pemeran Young Sheldon.

Young Sheldon telah menunjukkan beberapa kesulitan yang saya hadapi dan saya sangat menghargai melihat orang-orang berbakat lainnya di acara-acara,” katanya.

Kisah Anak Ajaib: Baru 13 Tahun, Sudah Menjadi Sarjana Fisika
Elliott dan teman-temannya (Foto: Instagram)

Sejak saat itu, Elliott dan keluarganya dihujani kritikan. Khususnya dari para pengguna internet yang menganggap Elliott telah kehilangan masa kecilnya.

“Orang-orang tampaknya memiliki prasangka bahwa masa kecil Elliott telah dicuri. Mereka juga menganggap Elliott pasti kurang dalam keterampilan sosial. Tapi ini tidak benar. Dia justru bergaul dengan anak seusianya,” kata Tanner.

Kisah Anak Ajaib: Baru 13 Tahun, Sudah Menjadi Sarjana Fisika
Elliott main catur (kiri) dan berpenampilan seperti Albert Einstein (kanan) pada acara Halloween (Foto: Michelle Tanner)

Elliott memang suka bermain dengan anak-anak tetangga lainnya. Melakukan banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan anak seumurannya seperti membuat baju besi dari kardus, membuat permainan papan, mengunjungi taman hiburan, dan bermain “Dungeons and Dragons.” Dia menikmati perayaan Halloween dengan berpakaian seperti Albert Einstein atau Richard Feynman, seorang fisikawan teoretis yang telah menjadi ilmuwan favoritnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry