Ketahui Apa Itu Polimelia Penyebab Bayi Lahir dengan 4 Kaki dan Tangan

Ketahui Apa Itu Polimelia Penyebab Bayi Lahir dengan 4 Kaki dan Tangan
Ilustrasi (Foto: Crello)

Sebuah peristiwa tidak biasa itu terjadi Minggu (2/7) lalu di Puskesmas Shahabat, Uttar Pradesh. Seorang perempuan bernama Kareena melahirkan seorang anak yang berbeda dari anak lainnya. Bayi ini lahir dengan 4 tangan dan 4 kaki.

Warga India percaya bahwa peristiwa ini adalah sebuah “keajaiban”. Sang bayi dipercaya sebagai reinkarnasi Dewi Lakshmi. Sang dewi yang digambarkan punya banyak tangan dan kaki itu adalah dewi kekayaan, keberuntungan, kekuatan, kecantikan, kesuburan, dan kemakmuran.

Terlepas dari keyakinan itu, dalam dunia medis, apa yang terjadi pada buah hati Kareena ini adalah sebuah kelainan genetik yang disebut polymelia. Hasil penelitian yang sudah diterbitkan dalam Journal of Clinical Imaging Science menjelaskan polimelia sebagai kelainan kongenital berupa keberadaan tungkai tambahan yang melekat pada berbagai bagian tubuh. Dalam kasus Kareena ini, tungkai tambahan itu melekat pada perut anaknya.

Ketahui Apa Itu Polimelia Penyebab Bayi Lahir dengan 4 Kaki dan Tangan
Ilustrasi (Foto: Crello)

Ada 4 jenis polimelia:

  • Cephalomelia: tungkai tambahan yang melekat pada kepala,
  • Notomelia: tungkai tambahan yang menempel pada tulang belakang,
  • Thoracomelia: tungkai tambahan yang melekat pada toraks,
  • Pyromelia: tungkai tambahan yang melekat pada panggul.

Menurut para ilmuwan, kelainan ini berhubungan dengan faktor genetik (termasuk tamogene dan kromosom) dan faktor lingkungan. Kelainan ini terjadi sejak janin masih berupa embrio. Embrio, seperti dikutip dari Healthcare Tip, sebenarnya bisa memiliki kembar siam. Namun, dalam sebagian besar kasus, salah satu kembaran mengalami degenerasi, baik degenerasi sepenuhnya maupun degenerasi sebagian (satu atau lebih anggota badan).

Ketahui Apa Itu Polimelia Penyebab Bayi Lahir dengan 4 Kaki dan Tangan
Ilustrasi (Foto: Crello)

Ketika degenerasi hanya terjadi pada satu atau lebih anggota badan, anggota badan yang tersisa menempel pada janin yang berkembang. Anggota tubuh tambahan ini bisa menempel di beberapa bagian tubuh dan baru akan terlihat ketika bayi lahir. Kadang anggota tubuh tambahan ini terlihat seperti tangan atau kaki sempurna, tetapi kadang ukurannya lebih kecil daripada kaki atau tangan normal.

Kelainan ini hanya bisa diatasi dengan operasi. Namun, operasi tidak akan mudah dilakukan jika anggota tubuh tambahan ini menempel pada area sensitif tubuh. Dalam banyak kasus, tungkai tambahan menempel di antara kedua kaki, sehingga operasi bisa berlangsung lebih lama.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry