Kamu Pemberani? Uji Dulu Nyalimu di Hutan Pinus Kragilan!

Pesona Hutan Pinus Kragilan
(Foto: google)

Di ujung Magelang, di bawah lereng Gunung Merbabu, alam membuka pesonanya. Menghamparkannya begitu saja seolah-olah digariskan seperti itu sedari awal. Membuat kamu tak berhenti bersyukur atas keindahan sublim yang tak akan pernah bisa habis oleh kata-katamu.

Di Dusun Pogalan, di Desa Kragilan, alam memperlihatkan kemolekannya. Menghadirkan hutan pinus yang cantik, udara yang segar, dan pemandangan yang indah. Semuanya menyatu sedemikian rupa, sehingga kamu tak akan berhenti berdecak kagum.

Hutan pinus yang terletak di Kecamatan Pakis ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata di kawasan Magelang, Jawa Tengah. Hampir setiap pekan, hutan ini ramai oleh wisatawan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Mereka datang dari berbagai daerah di Jawa dan luar Jawa.

Top Selfie

Pesona Hutan Pinus Kragilan
(Foto: ardiankusuma.com via butuhliburan.com)

Untuk menikmati keelokan hutan pinus ini, wisatawan tidak dipungut biaya. Semuanya boleh masuk ke dalam kawasan ini dan menikmati cantiknya pohon pinus yang menjulang tinggi dan berbaris rapi di bawah langit. Namun, jika ingin berfoto bersama atau berswafoto di sejumlah wahana Top Selfie, masing-masing wisatawan dipungut biaya: Rp10.000,00 untuk yang datang dengan mobil dan Rp3.000,00 untuk yang masuk dengan sepeda motor. Murah, bukan?

Wahana Top Selfie ini sebenarnya baru dibuka pada Mei 2015 lalu. Sebelum wahana untuk berswafoto itu dihadirkan, yang ada hanyalah gardu-gardu pandang di ketinggian. Gardu-gardu itu digunakan para fotografer atau pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang berupa wahana Top Selfie.

Pesona Hutan Pinus Kragilan
(Foto: instagram @buruhphoto via idntimes.com)

Ada banyak wahana Top Selfie yang ada di dalam hutan ini. Dari banyak wahana itu, ayunan meja-kursi adalah wahana yang paling digemari pengunjung. Digemari karena “tidak biasa”. Tidak seperti ayunan lain yang letaknya tidak sampai semeter dari tanah, ayunan ini terletak cukup tinggi. Para pengunjung memanfaatkan spot ini untuk memacu adrenalin dan menguji nyali. Kamu tidak perlu khawatir ketika menikmati wahana ini karena ada beberapa petugas yang menjaga dan mengawasi kamu.

Selain ayunan yang tidak biasa itu, ada juga spot lain yang menjadi spot favorit para pengunjung. Salah satunya adalah spot bunga mekar. Sama seperti ayunan meja-kursi itu, spot ini pun terletak cukup tinggi. Dari atas spot ini, kamu bisa memandang keelokan hutan pinus dan kawasan di sekitarnya.

Pesona Hutan Pinus Kragilan
(Foto: instagram.com/@buruhphoto via idntimes.com)

Tiga Jalur Utama
Tidak lama setelah dibuka, Hutan Pinus Kragilan menjadi tempat tujuan wisata baru di kawasan Magelang. Bahkan menjadi salah satu destinasi favorit. Wisatawan dari berbagai daerah, baik di Jawa maupun di luar Jawa, mengunjungi tempat ini.

Pesona Hutan Pinus Kragilan
(Foto: Hipwee)

Menurut warga, jumlah pengunjung meningkat dari hari ke hari. Pada akhir pekan, kawasan ini menjadi sangat ramai. Apalagi menjelang sore hari. Banyak orang yang ingin menikmati udara sore dari ketinggian, sambil memandang matahari yang terbenam.

Tidak hanya wisatawan yang ingin menikmati keindahan hutan ini, tetapi juga pasangan yang akan menikah. Hutan ini sering dijadikan sebagai tempat pemotretan pranikah. Dalam seminggu, seperti dilansir piknikasik.com, minimal ada tiga pasangan calon pengantin yang menggelar foto prewedding di sini.

Pesona Hutan Pinus Kragilan
(Foto: instagram.com/@buruphoto via idntimes.com)

Untuk bisa sampai ke hutan ini, para pengunjung bisa memilih satu dari tiga jalur ini:

  • Dari Yogyakarta: pilih jalur Muntilan – masuk Jalan Raya Ketep Pass – lewati Ketep Pass – pilih arah Kopeng – masuk Hutan Pinus Kragilan
  • Dari Magelang: masuk jalan arteri menuju Terminal Soekarno-Hatta – masuk jalur menuju Kopeng – pilih arah ke persimpangan Ketep Pass – masuk Hutan Pinus Kragilan
  • Dari Salatiga: masuk Jalan Raya Salatiga-Kopeng – lewati Kopeng – pilih arah ke Ketep Pass – masuk Hutan Pinus Kragilan

Jika kamu membawa kendaraan, pastikan kendaraanmu dalam kondisi terbaik. Pasalnya, ada banyak tanjakan, turunan, dan tikungan tajam menuju kawasan wisata ini.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry