Kamu Harus Tahu: Virus Yezo Menular Lewat Gigitan Kutu

Kamu Harus Tahu: Virus Yezo Menular Lewat Gigitan Kutu
Ilustrasi (Foto; Freepik)

Beberapa tahun belakangan ini, sebuah virus misterius telah menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit. Virus yang muncul di Jepang itu menginfeksi manusia lewat gigitan kutu.

“Setidaknya tujuh orang telah terinfeksi virus baru ini di Jepang sejak 2014. Namun, sejauh ini, tidak ada kematian yang dikonfirmasi,” kata Keita Matsuno, ahli virologi di Institut Internasional untuk Pengendalian Zoonosis di Universitas Hokkaido, seperti dikutip dari Newsweek.

Virus itu akhirnya berhasil diidentifikasi. Virus itu disebut virus Yezo. Nama Yezo diambil dari nama pulau penuh sejarah, Hokkaido. Di pulau inilah, virus ini berasal.

Kamu Harus Tahu: Virus Yezo Menular Lewat Gigitan Kutu
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Virus ini pertama kali ditemukan pada 2019 lalu. Ketika itu, seorang pria berusia 41 tahun dirawat di rumah sakit karena demam dan nyeri kaki setelah digigit kutu.

“Pada pertengahan Mei 2019, dia mengunjungi kawasan hutan di dekat Sapporo selama kurang lebih 4 jam,” kata para peneliti.
Pada keesokan harinya, pria itu melihat dan mengeluarkan arthropoda yang menempel di perut kanannya. Empat hari setelah mengunjungi hutan, dia mengalami demam lebih dari 39Celcius. Dia juga mengalami gangguan ketika berjalan dan nyeri kaki.

“Setelah demam berlanjut selama 4 hari, dia dirawat di rumah sakit kami dengan suhu 38,9Celcius. Saat diperiksa, semua gejala negatif kecuali demam, kehilangan nafsu makan, dan nyeri ekstrem,” demikian laporan para peneliti.

Kamu Harus Tahu: Virus Yezo Menular Lewat Gigitan Kutu
Hutan di Hokkaido (Foto: wallpaperflare.com)

Pada 2020 lalu, seperti dilansir Sci-News, para ahli mendeteksi pasien kedua. Dia adalah seorang lelaki berusia 59 tahun yang sebelumnya sehat tanpa riwayat medis. Dia tinggal di Sapporo, Hokkaido.

Pada pertengahan Juli tahun lalu, dia mendaki gunung dekat Sapporo. Ketika itu, kaki bagian bawahnya digigit serangga tak dikenal. Serangga itu bahkan menempel selama 30 menit pada kakinya.

Selama 9 hari pendakian itu, keadaannya dia masih sehat. Namun, dia kehilangan nafsu makan. Pada hari ke-17, dia mengalami demam hingga 37,4Celcius.

Kamu Harus Tahu: Virus Yezo Menular Lewat Gigitan Kutu
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Dari sampel darah kedua pasien ini, hasil analisis genetik virus menunjukkan bahwa virus ini adalah jenis baru orthonairovirus. Jenis ini paling dekat dengan virus Sulina yang terdeteksi di Rumania dan Tamdy di Uzbekistan. Orang yang terinfeksi virus Yezo mengalami demam tinggi, penurunan trombosit, dan sel darah putih. Pasien juga menunjukkan tanda-tanda fungsi hati yang tidak seperti biasanya.

Dari hasil penelitian, para ahli menemukan antibodi untuk virus di rusa sika Hokkaido dan rakun. Mereka juga menemukan RNA virus pada tiga spesies kutu utama di Hokkaido.

“Virus Yezo tampaknya telah menyebar di Hokkaido dan kemungkinan besar virus tersebut menyebabkan penyakit ketika ditularkan ke manusia dari hewan melalui kutu,” kata Matsuno.

Ilustrasi (Foto: Crello)

Virus ini memang tidak sampai menyebabkan kematian. Namun, masyarakat tetap diminta untuk waspada.

“Kemungkinan besar penyakit itu ditemukan di luar Hokkaido. Jadi, kami perlu segera menyelidiki penyebarannya,” katanya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry