Kamu Cemas? Konsumsilah 4 Makanan Pereda Rasa Cemas Ini!

Kamu Cemas? Konsumsilah 4 Makanan Pereda Rasa Cemas Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Rasa cemas tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat, rasa cemas itu bisa memicu banyak masalah kesehatan. Mulai dari sindrom iritasi usus besar hingga gangguan kesehatan jantung.

Lalu bagaimana mengatasi rasa cemas itu? Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya, berolahraga. Melakukan olahraga secara teratur akan membantu mengurangi stress dan memperbaiki suasana hati.

Cara lainnya adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi. Demikian juga minuman beralkohol, obat-obatan terlarang, dan rokok. Mengapa demikian? Karena semua itu dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan.

Selain menghindari makanan dan minuman seperti yang disebutkan di atas, orang yang sedang cemas sangat dianjurkan orang untuk mengonsumsi makanan pereda cemas berikut ini:

Telur

Kamu Cemas? Konsumsilah 4 Makanan Pereda Rasa Cemas Ini!
(Foto: Crello)

Telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, telur juga mengandung triptofan, yaitu asam amino yang membantu menciptakan serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter kimia yang membantu mengatur suasana hati, tidur, memori, dan perilaku. Serotonin juga dianggap meningkatkan fungsi otak dan meredakan kecemasan.

Kunyit

Kamu Cemas? Konsumsilah 4 Makanan Pereda Rasa Cemas Ini!
(Foto: Crello)

Kunyit mengandung kurkumin. Bahan aktif ini dapat membantu menurunkan kecemasan dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang sering meningkat pada orang yang mengalami gangguan mood seperti kecemasan dan depresi. Hasil penelitian pada 2015 lalu menunjukkan bahwa kurkumin mengurangi kecemasan pada orang dewasa yang mengalami obesitas. Penelitian lain menunjukkan bahwa peningkatan kurkumin dalam makanan juga meningkatkan DHA dan mengurangi kecemasan.

Yogurt

Kamu Cemas? Konsumsilah 4 Makanan Pereda Rasa Cemas Ini!
(Foto: Crello)

Yogurt mengandung bakteri baik, Lactobaccilus dan Bifidobacteria. Bateri baik dalam tubuh juga menunjang kesehatan otak. Sebuah penelitian pada tahun 2015 lalu menunjukkan bahwa makanan fermentasi mengurangi kecemasan sosial pada beberapa orang. Dan beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bakteri sehat meningkatkan kebahagiaan pada beberapa orang. Mengonsumsi yogurt dan makanan fermentasi lainnya dapat bermanfaat bagi bakteri usus alami, sehingga mengurangi kecemasan dan stres.

Teh hijau

Kamu Cemas? Konsumsilah 4 Makanan Pereda Rasa Cemas Ini!
(Foto: Crello)

Teh hijau mengandung asam amino yang disebut theanine. Asam amino ini memiliki efek antikecemasan dan menenangkan dan dapat meningkatkan produksi serotonin dan dopamin. Sebuah hasil penelitian pada 2017 lalu menunjukkan bahwa 200 mg theanine dapat meningkatkan relaksasi dan ketenangan.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry