Kalau Mau Sehat, Jangan Sarapan Kesiangan!

Kalau Mau Sehat, Jangan Sarapan Kesiangan!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sarapan punya banyak manfaat untuk kesehatan. Selain memberikan tubuh energi baru, sarapan juga meningkatkan konsentrasi, membantu melindungi tubuh dari penyakit, dan menurunkan berat badan. Oleh karena itulah, memulai hari dengan sarapan adalah wajib.

Lalu kapan tepatnya sarapan dilakukan? Para pakar kesehatan menyarankan orang untuk memperhatikan jam sarapan. Tidak boleh terlalu siang atau mendekati waktu makan siang. Sangat disarankan untuk melakukannya sebelum jam 9 pagi.

Mengapa tidak boleh terlalu siang? Karena bisa mengacaukan ritme sirkadian.

Kalau Mau Sehat, Jangan Sarapan Kesiangan!
Ilustrasi menu sarapan (Foto: Freepik)

“Jam sirkadian tidak hanya mengatur perubahan sirkadian dari metabolisme glukosa, tetapi juga mengatur berat badan, tekanan darah, dan aterosklerosis (penumpukan lemak),” kata Daniela Jakubowicz, pakar metabolisme dari Universitas Tel Aviv, Israel, seperti dikutip dari Hindustantimes.

Waktu sarapan memang berhubungan dengan sistem metabolisme tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak melakukan sarapan mengalami lonjakan gula darah dan respons insulin yang buruk. Dan meskipun mengonsumsi sedikit kalori, mereka mengalami peningkatan berat badan lebih tinggi.

Kalau Mau Sehat, Jangan Sarapan Kesiangan!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sebaliknya orang yang melakukan sarapan sebelum jam 9:30 cenderung punya metabolisme yang lebih baik. Berat badan mereka pun lebih terkontrol. Dan mereka terhindar dari serangan diabetes tipe 2.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry