Kalau Mau Sehat, Jangan Lupakan Serat! 

Kalau Mau Sehat, Jangan Lupakan Serat!
Makanan berserat (Foto: Freepik)

Jika kamu mengalami konstipasi atau sembelit, kamu pasti disarankan untuk mengonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung banyak serat. Mengapa? Karena konstipasi adalah akibat dari kurangnya konsumsi makanan berserat.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu pasti disarankan untuk makan makanan yang mengandung serat. Mengapa? Karena makanan berserat akan membuat kamu cepat kenyang, sehingga tidak terus-menerus makan.

Dikutip YUKK dari Healthline, serat makanan adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak, atau karbohidrat biasa yang bisa dipecah dan diserap tubuh. Setelah dikonsumsi, serat akan tetap utuh melewati perut, usus kecil, usus besar, dan kemudian dikeluarkan tubuh melalui anus.

Kalau Mau Sehat, Jangan Lupakan Serat!
Ilustrasi konstipasi (Foto: Freepik)

Serat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak dapat larut di dalam air. Serat yang larut di dalam air akan menciptakan gel yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Serat jenis ini ada di dalam oats, polongan-polongan, apel, pisang, buah sitrus, brokoli, dan lainnya.

Sementara itu, serat yang tidak larut akan menarik air ke dalam feses, sehingga feses menjadi lunak dan mudah melewati saluran pencernaan. Dengan demikian, pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari risiko penyakit kronis. Serat yang ini ada di dalam sayuran hijau, buah-buahan, produk gandum utuh, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Yang menjadi masalah adalah masih banyak orang yang tidak rutin mengonsumsi sumber-sumber serat itu.

“(Sebanyak) 9 dari 10 penduduk Indonesia hanya mengonsumsi serat 7 g per hari dari kebutuhan sekitar 30 g per hari serat makanan dari sayur dan buah-buahan,” kata dr. Adeline Devita Medical, Marketing Manager Kalbe Nutritionals, seperti dikutip dari detikHealth.

Fitur YUKK Online (Foto: tangkapan layar)

Semua orang disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung serat, baik yang larut dalam air maupun yang tidak larut di dalam air, karena serat punya banyak manfaat untuk kesehatan.

“Banyak sekali manfaat serat untuk tubuh kita. Oleh karena itu, kita harus banyak mengonsumsi serat yang juga akan membantu tubuh dalam menyerap kolesterol jahat dan menyerap racun yang terdapat dalam makanan,” jelasnya.

Smoothies dari El Granola (Foto: Instagram)

Saat ini, sangat tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang mengandung serat pangan itu. Jika kamu tidak punya waktu untuk berbelanja di pasar dan mengolahnya, kamu cukup mengambil telepon genggammu dan membuka aplikasi YUKK. Dalam fitur “YUKK Online”,ada banyak toko daring (online) yang menjual semua yang dibutuhkan. Termasuk di dalamnya adalah aneka makanan dan minuman

Salah satu toko yang menjual menu yang kaya akan serat adalah My Super Salad. Toko itu menyediakan banyak menu yang menyehatkan. Salah satunya adalah Tuna Sandwich. Perpaduan tuna dan roti tidak hanya mengenyangkan, tapi juga sangat menyehatkan karena kaya akan serat dan nutrisi.

Kalau Mau Sehat, Jangan Lupakan Serat!
Tuna Salad dari My Super Salad (Foto: Instagram)

Toko lain yang menyediakan menu yang sehat adalah El Granola. Toko itu punya banyak menu yang bakal bikin kamu ketagihan. Salah satunya adalah smoothies. Tidak hanya menyehatkan, tapi juga menggoyang lidah.

Kalau Mau Sehat, Jangan Lupakan Serat!
Menu sehat dari Melogranic (Foto: Instagram)

Kamu juga harus mengunjungi toko Melogranic. Toko itu punya banyak kreasi makanan dan minuman. Salah satunya adalah olahan gandum yang kaya akan serat itu.

Selain toko-toko yang disebut di atas, masih ada toko lain yang menyediakan aneka jenis makanan dan minuman. Kamu tinggal memilih jenis makanan dan minuman apa yang kamu sukai. Dan jika kamu membayarnya dengan YUKK Cash, kamu akan mendapatkan cashback 15%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point yang jumlah maksimalnya mencapai 30 ribu poin.

Dapatkan Menu Sarapan Sehat di YUKK Online
Dapatkan Menu Sarapan Sehat di YUKK Online

 Tunggu apa lagi? Mulailah pola hidup sehat sejak hari ini. Dengan YUKK Online, kamu bisa memenuhi apa yang kamu butuhkan.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry