Jika Muncul Gejala Hepatitis Misterius Pada Anak, Lakukan Ini!

Jika Muncul Gejala Hepatitis Misterius Pada Anak, Lakukan Ini!
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Jumlah kasus hepatitis misterius pada anak di Indonesia bertambah lagi. Setelah sebelumnya tiga orang anak meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, muncul lagi satu kasus dari Tulungagung, Jawa Timur. Seorang anak berusia 7 tahun meninggal dunia pada Jumat (6/5) lalu.

Anak itu meninggal dunia di RSUD dr. Iskak, Tulungagung, setelah mengalami demam dan muntah selama 4 hari.

“Ya, sudah konfirmasi,” kata dr. Kasil Rokhmat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, seperti dikutip dari Antara.

Bertambahnya kasus hepatitis misterius ini tentu sangat mengkhawatirkan. Orang tua harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan anak-anak. Jika muncul gejala-gejala seperti muntah, diare, dan demam, anak harus segera ditangani.

Jika Muncul Gejala Hepatitis Misterius Pada Anak, Lakukan Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan beberapa langkah pertolongan pertama jika muncul gejala hepatitis akut misterius pada anak. Langkah pertolongan disesuaikan dengan gejala yang muncul. Jika mengalami demam, anak harus segera diberikan obat penurun panas. Jika mengalami diare atau muntah, anak harus segera diberikan obat pereda mual dan muntah.

“Tentunya supaya tidak dehidrasi, diberikan juga cairan, minum. Walaupun dia muntah, berikan sedikit demi sedikit,” kata Muzal Kadim, Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Jika setelah diberi obat dan keadaan anak membaik, maka anak tidak perlu dibawa ke fasilitas kesehatan. Namun, jika anak masih mengalami demam, muntah, dan diare setelah diberikan obat, maka anak harus segera dibawa ke rumah sakit.

Ini Daftar Obat yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran
Ilustrasi (Foto: Crello)

“Tapi batas waktu belum ditentukan. Kalau tiba-tiba segar, ya, tidak perlu,” terangnya.

Dia menyarankan anak dengan gejala hepatitis sebaiknya melakukan isolasi kontak.

“Bukan isolasi seperti Covid-19, tapi kontak. Lebih kepada tersendiri supaya cegah kontak tangan, alat makan, minuman, yang berkaitan dengan reka oral,” katanya.

Jika Muncul Gejala Hepatitis Misterius Pada Anak, Lakukan Ini!
Ilustrasi (Foto: Crello)

Selain itu, dia menyarankan agar orang tua melakukan pencegahan penularan penyakit ini kepada anak-anak dengan cara rajin mencuci tangan anak, menjaga kebersihan makanan dan sanitasi, menyiapkan alat makan khusus untuk anak, dan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Dan yang paling penting adalah jangan jajan atau membeli makanan di sembarang tempat.

 


#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry