Jangan Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan! Ada Denda Rp30 Juta

Jangan Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan! Ada Denda Rp30 Juta
Seorang peserta BPJS Kesehatan (Foto: Kementerian Kesehatan)

Manfaat BPJS Kesehatan sudah dirasakan begitu banyak warga masyarakat, terutama yang berpenghasilan menengah ke bawah. Mereka tidak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar biaya perawatan dan pengobatan. Semua biaya itu sudah dibayar BPJS Kesehatan.

Melihat besarnya manfaat BPJS Kesehatan, masyarakat diminta untuk membayar iuran tepat waktu pada setiap bulan. Jika iuran dibayar tepat waktu, masyarakat akan bisa menikmati semua manfaat program ini tanpa halangan. Apalagi jika terjadi insiden seperti kecelakaan atau lainnya. Masyarakat tidak lagi diminta untuk melunasi tunggakan sebelum menjalani atau mendapatkan perawatan dan pengobatan.

Selain itu, membayar iuran secara rutin akan menghindarkan para peserta dari denda. Pihak BPJS Kesehatan diketahui bisa mengenakan denda hingga Rp30 juta atau 5% dari perkiraan biaya paket penyakit yang diderita peserta (INA-CBGs) kepada peserta yang menunggak iuran. Keputusan ini telah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Jaminan Kesehatan yang sekaligus menggugurkan Perpres Tahun 2018.

Jangan Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan! Ada Denda Rp30 Juta
Ilustrasi denda (Foto: Crello)

Denda itu, seperti dikutip dari perpres, tidak akan berlaku bagi peserta yang belum pernah menerima layanan rawat inap. Denda hanya berlaku bagi peserta yang saat diberhentikan kepesertaannya secara sementara sempat menerima layanan rawat inap.

“Dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali sebagaimana dimaksud pada ayat (3), ayat (3a), dan ayat (3b), Peserta sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib membayar denda kepada BPJS Kesehatan untuk setiap pelayanan kesehatan rawat inap tingkat lanjutan yang diperolehnya.” Demikian bunyi pasal 42 ayat 5.

Denda diberikan bila peserta menunggak iuran selama 12 bulan. Setelah itu, denda akan diakumulasi dan dikenakan kepada peserta.Namun, tarif denda 5% atau hingga Rp30 juta ini hanya berlaku untuk peserta Non-Penerima Bantuan Iuran (PBI), peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dan Bukan Pekerja (BP). Sebab iuran ketiga kelompok ini dibayar oleh pemerintah.

Jangan Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan! Ada Denda Rp30 Juta
Ilustrasi (Foto: Crello)

“Denda sebagaimana dimaksud pada ayat (5), yaitu sebesar 5% dari perkiraan biaya paket Indonesian Case Based Groups (INA-CBGs) berdasarkan diagnosa dan prosedur awal untuk setiap bulan tertunggak dengan ketentuan: a) jumlah bulan tertunggak paling banyak 12 (dua belas) bulan; dan b) besar denda paling tinggi Rp 30.000.000.” Demikian bunyi pasal 42 ayat 6.

Lalu bagaimana dengan peserta yang menunggak iuran, tapi belum pernah menerima layanan rawat inap? Peserta akan diberhentikan kepesertaannya untuk sementara waktu.

“Dalam hal Peserta dan/atau Pemberi Kerja tidak membayar iuran sampai dengan akhir bulan berjalan maka penjaminan Peserta diberhentikan sementara sejak tanggal 1 bulan berikutnya.” Demikian bunyi pasal 42 ayat 1.

Begini Cara Mengelola Uang THR Agar Tak Habis Sia-Sia
Bayar tagihan BPJS Kesehatan lewat aplikasi YUKK (Foto: dok. YUKK)

Supaya status kepesertaanmu tetap aktif dan tidak dikenakan denda, rutinlah membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi YUKK. Sangat mudah dan cepat.

Tambahan lagi, ada cashback besar dari YUKK. Selama bulan Mei ini, YUKK memberikan cashback hingga 155.000 YUKK Point untuk setiap pembayaran tagihan iuran BPJS Kesehatan. Cashback ini diberikan 1 kali transaksi per hari per pengguna.

Jangan Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan! Ada Denda Rp30 Juta
Promo cashback dari YUKK (Grafis: YUKK)

Poin yang sudah dikumpulkan itu bisa digunakan untuk melakukan banyak transaksi lainnya. Mulai dari membayar tagihan bulanan hingga berbelanja kebutuhan. Baik secara onlinemelalui fitur “YUKK Online” dan “YUKK Makan”, maupun secara offlinedi berbagai merchant dengan cara memindai QRIS YUKK.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry