Jangan Sepelekan Air Lemon! Ini 12 Manfaatnya yang Jarang Diketahui

Manfaat Air Lemon
(Foto: iStock)

Kamu pernah melihat orang minum air lemon? Atau mungkin kamu sendiri sering minum air lemon? Jika ya, jangan hentikan kebiasaan itu!

Air lemon punya begitu banyak manfaat. Tidak hanya untuk kecantikan dan kebugaran, tetapi juga untuk kesehatan. Mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga meningkatkan metabolisme; mulai dari menambah asupan vitamin C hingga antiaging.

Berikut ini adalah 12 manfaat air lemon yang jarang orang ketahui seperti dilansir Reader’s Digest:

Menurunkan berat badan

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Foto: google)

Mengapa air lemon menjadi salah satu minuman favorit orang-orang yang sedang menjalani diet? Menurut Erin Palinski-Wade, ahli gizi dan penulis buku Belly Fat Diet for Dummies, air lemon dipilih karena mengandung polifenol. Senyawa itu dapat membantu mengurangi nafsu makan. Meminum segelas air lemon, terutama sebelum makan, dapat membantu mengisi perut, sehingga mengimbangi jumlah makanan yang dibutuhkan agar merasa kenyang. Pada pagi hari, minumlah segelas air lemon. Sebaiknya gunakan lemon utuh (bukan jus lemon dalam botol). Peraslah sebuah lemon untuk mendapatkan 8—12 ons air.

Antibodi

Manfaat Air Lemon
Ilustri (Foto: integrativemedicineny.com)

Salah satu manfaat vitamin C yang terkandung di dalam lemon adalah memberikan antibodi tambahan. Manfaat lainnya adalah membantu mencegah infeksi. “Tentu saja, lingkungan asam di perut berfungsi sebagai penghalang patogen penyebab penyakit. Mengasup makanan yang sangat asam, termasuk air lemon, berkontribusi pada lingkungan asam,” kata Roxanne B. Sukol, Direktur Medis dari Cleveland Clinic’s Wellness Enterprise. Fitonutrein, zat kimia dalam lemon, memiliki sifat antioksidan dan bermanfaat dalam melindungi tubuh dari penyakit.

Membantu pencernaan

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Foto: google)

Tidak hanya meningkatkan antibodi, rasa asam dari air lemon punya manfaat lain, yaitu membantu mencerna makanan. “Flavonoid dalam lemon membantu asam di perut memecah makanan, sehingga memperbaiki pencernaan secara keseluruhan,” kata Palinski-Wade.

Kelancaran proses pencernaan sangat penting. Harus diingat bahwa seiring bertambahnya usia, jumlah asam di perut menurun. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 30 persen pria dan perempuan di atas usia 60 tahun menderita gastritis atrofi, suatu kondisi yang ditandai dengan sedikit atau tidak adanya asam lambung.

Menambah asupan vitamin C

Manfaat Air Lemon
(Foto: healthyfoodhouse.com)

Jeruk dan lemon adalah sumber vitamin C.  Antioksidan ini membantu melindungi sel dari serangan radikal bebas, melindungi tubuh dari kanker, dan mempercepat penyembuhan luka. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, seperempat gelas air lemon mengandung 23,6 mg vitamin C, sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan seperempat untuk pria.  Jangan mencampurkan lemon atau jeruk dengan air panas karena kadar vitamin C-nya bisa berkurang atau bahkan hilang. Sebaiknya campurkan perasan air jeruk dengan air hangat suam-suam kuku.

Tetap terhidrasi

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Foto: google)

Mengapa air lemon bisa membantu tubuh tetap terhidrasi? Karena minum air yang memiliki rasa dapat mendorong keinginan untuk mengonsumsi cairan lebih banyak. “Cairan, pada umumnya, memberikan hidrasi. Namun, beberapa orang sulit minum jumlah air yang cukup per hari karena merasa bosan dan airnya tidak memiliki rasa,” kata Palinski-Wade. Oleh karena itu, menambahkan atau mencampurkan lemon dengan air adalah salah satu solusi untuk tetap terhidrasi.

Awet muda

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Foto: google)

Manfaat lain dari vitamin C yang terkandung di dalam air lemon adalah membuat kamu terlihat awet muda. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang banyak dapat membuat keriput lebih sedikit.  Itu terjadi karena efek vitamin C pada kolagen. “Sebab vitamin C merupakan nutrisi yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas serta bisa melindungi kulit,” kata Palinski-Wade.

Meningkatkan kinerja hati

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Fot:; Bigstock)

Lemon juga punya manfaat besar lainnya, yaitu membantu hati sebagai penyaring di tubuh agar bekerja lebih baik. “Dari penelitian pada hewan ditemukan bahwa flavonoid dalam lemon dapat melindungi hati dari racun dan mengurangi lemak di hati, serta melindunginya dari penyakit hati berlemak,” kata Palinski-Wade.

Sumber potasium

Manfaat air lemon
(Foto: lifextoday.com)

Siapa bilang bahwa potasium hanya ada di dalam pisang? Lemon juga merupakan sumber potasium yang baik. “Potasium ditemukan dalam jumlah besar, terutama pada buah dan sayuran. Ini adalah unsur yang penting untuk fungsi sel dan metabolisme serta transmisi sinyal saraf,” kata Roxanne B. Sukol.

Melancarkan BAB

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Foto: google)

Kamu ingin proses buang air besarmu berjalan lancar? Seringlah minum air lemon. “Peningkatan asupan cairan dapat melancarkan BAB secara teratur. Jika menambahkan buah lemon ke air, maka dapat membantu kamu untuk minum lebih banyak cairan sepanjang hari. Dan ini dapat melancarkan BAB,” kata Palinski-Wade. Air lemon memang tidak mengandung banyak serat. Serat yang banyak justru terdapat pada daging dan kulitnya. Keduanya disarankan untuk dikonsumsi.

Mencegah batu ginjal

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Foto: google)

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya batu ginjal. Salah satunya adalah adalah dehidrasi. Air lemon membantu menghaluskan ginjal dan mencegah endapan ini. “Beberapa masalah batu ginjal berasal dari presipitasi garam kalsium,” kata Roxanne B. Sukol.  Dengan demikian, minum air yang berasa asam dapat mengurangi kemungkinan presipitasi. Asam dari lemon bisa membantu menjaga agar batu tidak bersatu.

Menyegarkan napas

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Foto: google)

Manfaat lain dari air lemon adalah menyegarkan napas. Mengapa? Menurut Palinski-Wade, ada kandungan dalam lemon yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut, sehingga membuat napas lebih segar. Namun, harus diketahui bahwa asam lemon dapat mengikis enamel gigi.  Oleh karena itu, minumlah air lemon dengan sedotan.

Meningkatkan metabolisme

Manfaat Air Lemon
Ilustrasi (Foto: google)

Air lemon bisa meningkatkan proses metabolisme. Dengan demikian, badan tetap sehat dan aktif. Oleh karena itu, minum air lemon tiga kali sehari dapat membantu mempercepat proses metabolisme.

#YUKKpakeYUKK

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry