Jangan Mudik Walaupun Kamu Sudah Divaksin! Berbahaya!

Jangan Mudik walaupun Kamu Sudah Divaksin! Berbahaya!
(Foto: detikcom)

Kamis (8/4) lalu, Satgas Penanganan Covid-19 bersama jajaran pemerintah terkait, di antaranya, Kementerian Perhubungan dan Polri, mengumumkan dirilisnya Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 Hijriah selama 6—17 Mei. Melalui surat edaran ini, pemerintah dengan tegas melarang masyarakat untuk mudik demi memutus rantai penularan virus corona. Larangan ini diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut, dan udara.

Ternyata sebagian masyarakat tetap mudik. Mereka mulai meninggalkan Jakarta sebelum tanggal 6 Mei. Diprediksi sekitar 18,9 juta orang yang kembali ke desa untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Jangan Mudik walaupun Kamu Sudah Divaksin! Berbahaya!
(Foto: detikcom)

Salah satu alasan yang membuat mereka tetap mudik adalah vaksinasi Covid-19. Mereka mudik karena sudah divaksin dengan vaksin Covid-19. Mereka merasa bahwa mereka akan aman dari penularan virus Corona.

Benarkah demikian? Menurut juru bicara program vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, anggapan seperti ini berbahaya. Vaksinasi memang bisa melindungi seseorang. Namun, vaksinasi tidak benar-benar bisa menghentikan penyebaran virus.

“Orang yang sudah divaksinasi itu masih berpotensi membawa virus dan menularkan Covid-19,” katanya dalam talkshow “Silaturahmi Terjaga Walau Tanpa Mudik” pada Selasa (4/5).

Jangan Mudik walaupun Kamu Sudah Divaksin! Berbahaya!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Mudik setelah menjalani vaksinasi adalah tindakan yang berbahaya karena orang yang mudik itu bisa menjadi sumber penularan virus.

“Yang lebih bahaya adalah ketika sudah divaksin ‘kan kita jadi lebih kuat, (sehingga) gejala itu jadi tidak muncul. Akibatnya kita positif, tapi tidak bergejala. Ini tentunya akan menjadi sumber penularan untuk orang lain kalau kemudian kita tetap mudik,” jelasnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry