Jangan Hanya Makan Mi Instan Saat Sahur!

Jangan hanya makan mi instan saat sahur
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Banyak orang tidak mau repot menyiapkan makanan untuk sahur. Apalagi harus keluar dari rumah untuk membeli makanan. Mereka memilih makanan yang bisa cepat disajikan.

Salah satu jenis makanan cepat saji yang dipilih banyak orang adalah mi instan. Selain karena lebih murah harganya, juga karena penyajiannya tidak memakan banyak waktu. Tidak sampai 10 menit.

Masalahnya adalah mi instan tidak bisa memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh. Makanan cepat saji itu justru mengandung kadar garam yang tinggi. Oleh karena itu, makanan seperti itu seharusnya dihindari.

Jangan hanya makan mi instan saat sahur
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Kalau makanan instan, sudah pasti mengalami pemprosesan. Jelas pengawet lebih tinggi, garam tinggi. Padahal garam itu sifatnya menarik cairan. Anda akan haus seharian. Semakin haus, makin dehidrasi,” kata Diana F. Suganda, dokter spesialis gizi klinis, seperti dilansir cnnindonesia.com.

Bagaimana jika ternyata kamu terpaksa makan mi instan karena tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan? Apalagi jika waktu imsak sudah dekat? Diana tidak melarang kamu untuk mengonsumsi mi instan. Namun, kamu harus tetap melengkapi kebutuhan gizi yang seimbang, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Mi instan sendiri sudah mengandung karbohidratnya. Protein bisa diperoleh dari telur.

“Lalu sayur sebaiknya ada juga. Misalnya, sawi. Perlu ada niatan beli telur, sawi sebagai stok. Walau instan, tetap ada usaha untuk memenuhi (kebutuhan nutrisi),” imbuhnya.

Jangan hanya makan mi instan saat sahur
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Setelah sahur, kamu bisa tidur lagi jika tidak memiliki masalah lambung. Jika kamu adalah orang dengan GERD, jangan langsung tidur setelah makan. Sejam kemudian baru boleh tidur. Namun, tidur dalam posisi duduk atau tidak terbaring sepenuhnya.

“Enggak ada masalah kalau mau tidur lagi. Bikin buncit? Enggak! Justru total kalori yang dimakan yang bikin gemuk kalau berlebihan,” katanya.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry