Jangan Coba! Tren Sujud ‘Freestyle’ Berisiko Fatal

News | 20 April 2021
Jangan Coba! Tren Sujud 'Freestyle' Berisiko Fatal
Anak-anak melakukan “sujud freestyle” (Foto: Twitter)

Dalam beberapa hari ini, media sosial ramai oleh tren sujud “freestyle” yang dilakukan anak-anak. Ketika salat, mereka tidak bersujud, tetapi melakukan handstand. Tepatnya chinstand. Konon, anak-anak meniru salah satu emoji dalam permainanFree Fire.

Tren ini, menurut Astrid Amalia, seorang instruktur yoga, sangat berbahaya. Ada risiko fatal di balik gerakan ini.

“Banget (bahaya). Jelas. Risikonya pertama di bahu dan di tangan. Sudah jelas itu. Lalu kemudian kepala. Karena tangan dan bahunya enggak kuat, kepalanya bisa kejedotke lantai. Pecah ‘kan?” terangnya seperti dikutip dari detikcom.

Jangan Coba! Tren Sujud 'Freestyle' Berisiko Fatal
Untuk bisa melakukan salah satu pose yoga ini, orang melakukan latihan yang cukup lama (Foto: Freepik)

Gerakan ini berbahaya karena tangan tidak didesain untuk menopang berat badan. Kaki yang merupakan penopang tubuh saja kerap kali cedera, bagaimana dengan tangan yang tidak dirancang untuk menopang tubuh?

“Logikanya adalah jika kaki sendiri itu bisa mengalami cedera padahal kaki adalah yang paling kuat, bagaimana dengan tangan? Tangan itu ‘kan tidak dipakai untuk menopang tubuh. Tangan dipakai untuk melakukan kegiatan. Sekarang kalau dipakai seperti itu, pose handstand, pasti akan cedera,” terangnya.

Jangan Coba! Tren Sujud 'Freestyle' Berisiko Fatal
Cedera kepala adalah salah satu risiko dari handstand (Foto: Freepik)

Dia sendiri, sekalipun merupakan seorang instruktur yoga, memerlukan latihan terlebih dahulu sebelum melakukan handstand. Gerakan handstand ini pun sangat tergantung pada kondisi tubuh.

“Untuk plank saja butuh belajar. Tidak semua orang bisa (melakukan) plank. Lah kemudian anak-anak ini melakukan posisi handstand. Pertanyaannya, apakah mereka sudah latihan? Apakah mereka tahu bahwa itu perlu latihan? Apakah mereka tahu bahwa itu, kalau dilakukan tanpa latihan, bisa membuat mereka cedera?” jelasnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry