Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan dengan Gula Jawa

Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan dengan Gula Jawa
(Foto: google)

Musim hujan sudah tiba. Hampir setiap hari hujan turun. Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir di mana-mana. Di Yogyakarta, misalnya, banjir merendam sejumlah daerah. Demikian juga di beberapa daerah lainnya, termasuk Jakarta.

Selama musim hujan, biasanya banyak sekali masalah kesehatan yang muncul. Tubuh mudah sekali diserang berbagai virus dan bakteri berbahaya. Flu, diare, demam berdarah, dan infeksi saluran pernapasan adalah beberapa masalah kesehatan yang selalu muncul ketika musim hujan tiba.

Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan dengan Gula Jawa
Ilustrasi (Foto: google)

Apa yang harus dilakukan agar tubuh tidak mudah diserang virus dan bakteri berbahaya? Tidak ada cara lain selain menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dan hal ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, rajin berolahraga, dan cukup beristirahat.

Dari banyak makanan dan minuman yang harus kamu konsumsi agar daya tahan tubuhmu tetap kuat dan terjaga selama musim hujan ini, seperti dilansir dari boldsky.com, gula jawa atau gula merah adalah salah satu yang sangat penting. Masukkan minuman ini ke dalam daftar menu harianmu. Mengonsumsi minuman itu setiap hari bisa membuat tubuhmu lebih sehat, bugar, dan kuat.

Gula jawa bisa menjaga daya tahan tubuh karena mengandung banyak nutrisi penting. Di dalamnya ada vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi. Kandungan antioksidannya juga tinggi. Selain itu, ada juga zat fitonutrien seperti polifenol, flavonoid, dan antosianin. Berbagai fitonutrien itulah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal sel kanker.

Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan dengan Gula Jawa
Ilustrasi gula jawa dicampur dengan teh (Foto: google)

Sangat disarankan untuk mengonsumsi gula jawa setidaknya 5—7 g setiap hari. Bisa juga dicampurkan dengan bahan herbal lain seperti teh, kunyit, jahe, atau kopi. Dengan mencampurkannya dengan berbagai herbal lain itu, manfaatnya menjadi lebih terasa dalam mengatasi dan mencegah flu, batuk, pilek, nyeri otot, pusing, mual hingga hipotermia. Dan para ahli kesehatan yakin bahwa gula jawa bisa juga menyehatkan paru-paru dan mengurangi risiko nyeri sendi atau pegal-pegal selama musim hujan.

#YUKKpakeYUKK

 

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry