Jadikan Edamame sebagai Camilan? Ini 5 Manfaatnya

Manfaat edamame
Edamame (Foto: Freepik)

Belakangan ini, edamame sangat disukai masyarakat Indonesia. Tidak hanya oleh kelompok penganut gaya hidup sehat dan vegetarian, tetapi juga oleh masyarakat lainnya. Banyak orang tua yang memilih kacang kedelai muda ini sebagai camilan untuk putra dan putri mereka.

Camilan khas Jepang ini relatif mudah ditemukan di sejumlah supermarket. Dijual dalam keadaan beku. Harganya pun terjangkau.

Cara mengolahnya sangat cepat dan mudah. Kacang kedelai muda yang masih terbungkus kulit itu cukup direbus dengan air yang sudah dicampurkan dengan sedikit garam. Setelah matang, kacang edamame siap dinikmati.

Manfaat edamame
Edamame (Foto: Freepik)

Kandungan gizi kacang ini cukup banyak. Dalam segenggam edamame terdapat 16,86 g protein. Menikmati beberapa genggam edamame dalam sehari sudah memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kemenkes RI, standar kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia sekitar 56 g protein per hari untuk perempuan dan 62 g protein per hari untuk laki-laki. Sedangkan balita membutuhkan sekitar 35 g protein sehari.

Edamame juga mengandung cukup banyak serat nabati, yaitu sekitar 8.1 g. Dalam porsi yang sama, edamame juga mengandung 3,52 mg zat besi. Kandungan lainnya ialah 676 mg kalium, 9,5 mg vitamin C, dan 482 folat.

Dengan berbagai kandungan itu, seperti dilansir Healthline, sudah jelas bahwa kacang kedelai muda ini punya manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

Menurunkan kolesterol

Manfaat edamame
Ilustrasi (Foto: boldsky.com)

Salah satu manfaat edamame adalah menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi 47 g protein dari edamame per hari dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 9,3 persen dan kolesterol buruk LDL sebesar 12,9 persen.

Tak menambah gula darah

Manfaat edamame
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Edamame tidak mengandung banyak karbohidrat dan gula. Dengan demikian, tidaklah salah bila kacang kedelai muda ini dijadikan camilan. Pasalnya, camilan lain mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan penyakit metabolik seperti diabetes.

Mengurangi gejala menopause

Manfaat edamame
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hot flashes, perubahan suasana hati, dan keringat yang berlebihan adalah beberapa gejala menopause. Gejala yang sangat mengganggu ini bisa dikurangi dengan mengonsumi isoflavon. Senyawa molekul bioaktif ini terdapat di dalam edamame. Mengonsumsi 135 mg suplemen isoflavon per hari selama satu minggu setara dengan mengonsumsi 68 g edamame per hari.

Menurunkan risiko kanker prostat

Manfaat edamame
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jenis kanker paling umum yang menyerang pria adalah kanker prostat. Satu dari tujuh pria berisiko terkena kanker prostat. Dengan rutin mengonsumsi edamame, risiko kanker prostat bisa turun hingga sekitar 30 persen.

Menjaga kekuatan tulang

Manfaat edamame
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Manfaat lain dari edamame adalah menjaga kekuatan tulang. Kandungannya dapat menurunkan risiko osteoporosis atau tulang keropos pada wanita pascamenopause.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry