Inilah Teh Paling Mahal di Dunia

Teh paling mahal di dunia
(Foto: weknowyourdreams.com)

Memang ada begitu banyak jenis teh di dunia ini. Namun, yang berkualitas tidaklah banyak. Hanya beberapa jenis. Itulah mengapa harganya sangat mahal. Bahkan harganya bisa setara dengan harga rumah atau mobil mewah. Inilah teh paling mahal di dunia:

Da Hong Pao

Teh Da Hong Pao adalah teh thermaal di dunia
(Foto: teapalace.co.uk)

Teh Da Hong Pao yang tumbuh di Pegunungan Wuyi di Provinsi Fujian, Cina, disebut-sebut sebagai teh termahal di dunia. Harga 1 g teh ini adalah US$1.400 atau setara dengan Rp18 juta. Harga satu tekonya sebesar US$10.000 atau sekitar Rp130 juta. Dan harga 1.000 g teh ini mencapai US$1,2 juta atau setara dengan Rp15,6 miliar. Pada tahun 2002 lalu, seperti dilansir bbc.com, seorang pembeli yang kaya raya berani mengeluarkan uang sebesar 180 ribu yuan atau setara dengan Rp370 juta untuk membeli 20 g teh Da Hong Pao.

Teh Da Hong Pao
(Foto: wowamazing.com)

Saat ini, pohon teh Da Hong Pao sudah sangat jarang ditemukan. Menurut legenda, seperti dilansir dari generasi terdahulu naik ke daerah pegunungan setiap musim semi untuk berdoa kepada Dewa Lu Yu agar menumbuhkan tunas teh yang baru. Teh ini disebut-sebut memiliki khasiat yang luar biasa. Ibu dari Kaisar Ming sembuh setelah minum teh ini.

PG Tips Diamond Tea Bag

Tips Diamond Tea Bag, salad Saturday teh terminal
(Foto: wowamazaing.com)

PG Tips adalah sebuah perusahaan teh yang terkenal di Inggris. Pada tahun 2015 lalu, dalam perayaan ulang tahun perusahaan ini ke-75, PG Tips Diamond Tea Bag diluncurkan sebagai bagian dari penggalangan dana untuk amal. Teh celup ini istimewa karena dibungkus dengan berlian. Harga per bungkus mencapai US$15.000 atau setara dengan Rp195 juta. Setiap bungkus dilapisi 280 butir berlian berkualitas tinggi.

Panda Dung Tea

Panda Dung Tea
(Foto: bacaanpopuler.com)

Teh ini paling dicari di Tiongkok, khususnya di Provinsi Yaan, Sichuan. Untuk mendapatkan 500 g teh ini, orang harus mengeluarkan uang sebesar US$35 ribu atau setara dengan Rp456 juta. Atau jika kamu mau membeli satu cangkir teh ini, siapkan uang sebesar US$200 atau setara dengan Rp2,6 juta.

Panda Dung Tea
(Foto: thetearex.files.wordpress.com)

Beredar kabar bahwa teh ini dijual dengan harga 50 ribu poundsterling atau setara dengan Rp714 juta per kilogram.

Vintage Narcissus

Vintage Narcissus
(Foto; wowamazing.com)

Pohon teh ini ditanam di Gunung Wuyi, Provinsi Fujian, Cina. Pohonnya harus dijaga kelembapannya agar daunnya bisa menghasilkan rasa teh yang sempurna. Proses pemeliharaan yang panjang dan terjaga ini membuat harga teh ini sangat mahal. Bisa mencapai US$6.500 untuk setiap 1.000 g atau setara dengan Rp86 jutaan.

Teh Tieguanyin

Teh Tieguanyin
(Foto: google)

Teh dari Tiongkok ini benar-benar berkualitas. Sekalipun sudah diseduh 7 kali berturut-turut, rasa dan aromanya tetap tidak berubah. Tetap enak dan khas. Oleh karena kualitas dan proses pembuatannya yang rumit, teh ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Harga per cangkirnya Rp150 ribu. Dan harga per kilogramnya mencapai Rp18 juta. Hingga saat ini, tidak banyak orang yang tahu bagaimana membuat teh ini.

Teh Darjeeling

Darjeeling Tea
(Foto; teaexperts.files.wordpress.com)

Pohon teh ini ditanam di perkebunan di daerah Darjeeling, India. Teh hitam ini punya aroma dan warna yang langka. Beredar kabar bahwa teh ini dijual dengan harga Rp4,8 juta per kilogram.

Poo Poo Pu (Erh Tea)

Poo Poo Pu (Erh Tea)
(Foto: servingjoy.com)

Dilansir wowamazing.com, teh ini berasal dari Provinsi Yunnan, Cina. Sepintas teh ini seperti sekelompok daun kering. Namun, sebenarnya teh ini adalah kotoran serangga. Kotoran-kotoran itu dipungut petani dengan pinset dan kaca pembesar. Teh ini diciptakan oleh seorang dokter pada abad ke-18 untu diberikan kepada Kaisar Qianlong sebagai hadiah. Kabarnya harga teh ini mencapai US$1.000 atau setara dengan Rp12 juta/kg.

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry