Inilah Tanaman Terbesar di Dunia; Seluas Kota Depok

Inilah Tanaman Terbesar di Dunia; Seluas Kota Depok
Posidonia australis (Foto: UWA/Rachel Austin)

Para ilmuwan baru saja menemukan tanaman terbesar di dunia. Tanaman ini berukuran kira-kira 20.000 lapangan rugby. Atau kurang lebih seluas kota Depok, Jawa Barat.

Tanaman itu adalah lamun Posidonia australis. Tanaman ini, seperti dikutip YUKK dari The Guardian dan BBC, ditemukan di lepas pantai Australia. Para ilmuwan yakin bahwa tanaman ini telah menyebar dari satu benih selama setidaknya 4.500 tahun.

Inilah Tanaman Terbesar di Dunia; Seluas Kota Depok
Shark Bay (Foto: Angela Rossen)

Para ilmuwan dari University of Western Australia (UWA) ini, secara tidak sengaja, menemukan tanaman terbesar di dunia ini di Shark Bay yang terletak sekitar 800 km utara Perth. Pada awalnya, para ahli berusaha memahami keragaman genetik gulma pita yang bisa dengan sangat mudah ditemukan di sepanjang bagian pantai Australia. Mereka mengumpulkan tunas tanaman ini di seberang teluk dan memeriksa 18.000 penanda genetik dari setiap sampel. Tujuan mereka adalah mencari tahu berapa banyak tanaman yang membentuk padang rumput di dasar laut itu.

“Jawabannya mengejutkan kami; hanya ada satu! Itu hanya satu tanaman yang telah berkembang lebih dari 180 km di Shark Bay, menjadikannya tanaman terbesar yang diketahui di Bumi,” kata Jane Edgeloe, penulis utama penelitian ini.

Inilah Tanaman Terbesar di Dunia; Seluas Kota Depok
(Foto: Istimewa)

Tanaman ini terkenal dengan daya tahan yang luar biasa, sehingga bisa tumbuh di seberang teluk dengan kondisi yang sangat bervariasi.

“Tampaknya sangat tangguh, mengalami berbagai suhu dan salinitas ditambah kondisi cahaya tinggi yang ekstrim, yang biasanya akan sangat membuat stres sebagian besar tanaman,” kata Dr. Elizabeth Sinclair, salah satu peneliti dan juga penulis hasil penelitian ini.

Inilah Tanaman Terbesar di Dunia; Seluas Kota Depok
(Foto: Istimewa)

Pada umumnya, spesies ini tumbuh seperti rumput sepanjang hingga 35 cm (13,7 inci) setahun. Para peneliti memperkirakan bahwa dibutuhkan 4.500 tahun untuk tanaman ini bisa melebar hingga mencapai 200 km2. Itu sama dengan hampir seluas Kota Depok (200,3 km2) atau sepertiga kota Jakarta (662,5 km2).

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry