Inilah Royal Wedding Paling “Wah” dari Seluruh Dunia

Sederhananya pernikahan putri Presiden Joko Widodo
(Foto: Antara)

Rabu, 8 November 2017. Presiden Joko Widodo menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution. Akad nikah digelar di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.  Selama memimpin Indonesia, ini adalah kali kedua Jokowi menikahkan anaknya. Sebelumnya, pada tahun 2015 lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo itu menikahkan Gibran Rakabuming, putranya, dengan Selvi Ananda Putri.

Ada beberapa pihak mengkritik orang nomor satu di Indonesia itu karena menggelar pernikahan mewah. Namun, banyak pejabat dan masyarakat justru melihat sebaliknya. Pernikahan Kahiyang dan Bobby adalah sebuah pernikahan sederhana: tidak digelar di istana di Jakarta, tetapi di gedung milik keluarga di Solo, katering yang digunakan pun katering keluarga, dan panitia terdiri atas keluarga dan kolega dekat.

Jika dibandingkan dengan pernikahan keluarga pemimpin bangsa lainnya, pernikahan anak-anak Jokowi dan Iriana ini termasuk pernikahan sederhana. Banyak pemimpin dunia menggelar pernikahan mewah untuk anak-anak mereka. Berikut ini beberapa pernikahan keluarga pemimpin dunia yang paling menarik perhatian:

Yaduveer Krishnadatta Chamaraja Wadiyar-Trishika Kumari Singh

Royal wedding paling "was" di seluruh dun
(Foto: ndtv.com)

Dalam artikel berjudul “The Most Stunning Royal Wedding from Around the World”, popsugar.com menempatkan pernikahan Yaduveer Krishnadatta Chamaraja Wadiyar dengan Trishika Kumari Singh pada urutan pertama. Yaduveer adalah maharaja ke-27 dari Kerajaan Mysore di India.

Royal Wedding paling "was" dari seluruh dunia
(Foto: popsugar.com)

Pernikahan yang digelar pada 27 Juni 2016 ini disebut-sebut sebagai salah satu pernikahan termewah di dunia karena dekorasinya serba emas. Pasangan ini menyebarkan lebih dari 3.000 undangan ke seluruh dunia. Mereka menjalani lebih dari 50 ritual tradisional yang digelar selama 5 hari.

Pangeran Carl Philip-Sofia Hellqvist

Royal Wedding paling "was" dari seluruh dunia
(Foto: popsugar.com)

Ini adalah salah satu pernikahan putra Swedia yang paling menarik perhatian dunia. Mengapa? Karena mirip dengan cerita Cinderella. Pangeran Carl Philip, putra satu-satunya dari Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia, menikahi Sofia Hellqvist, seorang mantan model. Keduanya menikah di Stockholm Royal Chapel pada 13 Juni 2015 silam. Pernikahan mereka disiarkan secara langsung oleh SVT, jaringan televisi nasional di Swedia.

Royal Wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: popsugar.com)

Pada hari yang istimewa itu, seperti dilansir bridestory.com, Pangeran Carl mengenakan seragam militer Swedia. Sementara Sofia mengenakan gaun sutra putih dengan detail renda yang mewah dan berkelas. Kerudung panjang dengan aksen bordir berkelindan indah dengan kilau tiara, berlian, dan zamrud. Setelah resepsi seremonial, mereka berkeliling dengan kereta kuda untuk menyapa ribuan masyarakat Swedia yang menanti di luar gedung.

Pangeran William-Kate Middleton

Royal Wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: Time Magazine)

Pangeran William dan Kate menikah pada 29 April 2011. Pernikahan mereka disebut-sebut sebagai pernikahan termewah pada abad ke-21 ini. Disebut paling mewah karena besarnya dana yang dikeluarkan Kerajaan Inggris untuk menggelar pernikahan ini yang pesta poranya berlangsung selama 2 pekan ini.

Royal Wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: Daily Mirror)

Untuk menggelar pernikahan ini, seperti dilansir getscoop.com, Kerajaan Inggris sampai harus menggelontorkan dana sebesar USD34 juta atau setara dengan Rp441 miliar. Dana sebesar USD800 ribu digelontorkan untuk membiayai hiasan bunga yang pasang dari Katedral hingga lokasi resepsi. Untuk gaun Kate yang indah dan elegan itu, kerajaan harus merogoh USD300 ribu.

Pangeran Abdul Malik-Dayangku Raabi’atul ‘Adawiyyah Pengiran Haji Bolkiah

Royal Wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: google)

Di kawasan Asia, pernikahan pangeran Brunei Darussalam ini tercatat sebagai pernikahan termewah pada April 2015 lalu. Pangeran Abdul Malik yang berusia 31 tahun menikahi Dayangku Raabi’atul yang berusia 9 tahun lebih muda daripadanya. Pesta pernikahan ini digelar selama 11 hari. Mulai dari 5—15 April.

Royal wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: Daily Mail)

Pernikahan ini tercatat sebagai pernikahan termewah karena “berlimpah emas”. Baju dan gaun pernikahan dilapisi emas, sepatu dilapisi emas, hingga dekorasi ruangan pun dilapisi emas. Pesta pernikahan ini digelar di istana yang memiliki 1.700 ruangan.

Faith Sakwe-Godswill Osim Edward

Royal wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: ujuonyiauga.blogspot.co.id)

Salah satu pernikahan sangat mewah yang digelar pada tahun 2014 lalu adalah pernikahan Faith Sakwe dengan Godswill Osim Edward. Faith adalah putri dari Goodluck Jonathan, Presiden ke-14 Republik Federal Nigeria.

Royal wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: dailypost.ng)

Pernikahan yang berlangsung pada 12 April itu disiarkan secara langsung oleh televisi nasional Nigeria. Dicatat sebagai salah satu pernikahan termewah karena para tamu dan undangan mendapatkan hadiah berupa iPhone yang didesain secara khusus. Yang membuat orang tercengang adalah gawai itu dilapisi emas. Selain itu, sang mempelai perempuan mendapatkan hadih berupa mobil yang jumlahnya membuat orang terbelalak: lebih dari 80 unit.

Raja Muhammad VI-Salma Bennani

Royal wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: popsugar.com)

Pernikahan Raja Muhammad VI dengan Putri Lala Salma Bennani, seperti dilansir wanitaindonesia.co.id, digelar pada 21 Maret 2002 lalu. Kurang lebih 5 bulan setelah Salma diperkenalkan sebagai calon ratu oleh Kerajaan Maroko. Upacara pernikahan dilangsungkan di Rabat.

Royal wedding paling "wah" dari seluruh dunia
(Foto: pinterest.com)

Pesta pernikahan berlangsung mewah dan meriah. Ada media yang menulis bahwa pesta berlangsung selama seminggu. Lebih dari 100 ribu tamu diundang. Salah satunya adalah mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton. Seperti dilansir getscoop.com, Raja Muhammad VI disebut-sebut menggelontorkan USD10 juta atau setara dengan Rp129 miliar untuk menggelar pesta yang mewah itu.

#YUKKpakeYUKK

2
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry