Inilah Remaja-Remaja Indonesia yang Mengguncang Dunia

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
Ilustrasi remaja Indonesia hebat (Foto: kompasiana.com)

Apa yang dilakukan Dewi Satta Wardahhani dan Siti Muchlis Qolbiyah dengan lantai partisi dari sabut kelapa adalah sebuah prestasi. Sebuah prestasi yang tidak hanya mereka nikmati sendiri. Pada gilirannya, apa yang mereka ciptakan ini akan dinikmati bangsa ini.

Dewi dan Siti adalah dua dari sekian banyak remaja Indonesia yang berprestasi. Mereka dan banyak remaja lainnya adalah bukti bahwa bangsa ini punya generasi muda yang punya kreativitas tinggi. Apa yang mereka lakukan atau ciptakan bahkan mengguncang dunia.  Berikut ini beberapa remaja Indonesia yang pernah mengguncang dunia dengan kreatitivas mereka.

Safira Dwi Tyas Putri

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: google)

Pada tahun 2010 lalu, Dwi membuat bangga Indonesia dalam Asian Young Inventions of Energy Exhibition (AYIEE) yang digelar di Taiwan. Siswi kelas 3 SMP 1 Aikmel, Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, itu meraih medali emas berkat penemuannya: “sepatu sumber energi”. Dengan sepatu itu, orang dapat mengisi baterai telepon genggam sambil berjalan.

Nando Nofia Hari dan Nurul Inayah Ba’da Maulidya

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: google)

Dua tahun setelah ajang AYIEE itu, Indonesia kembali mengguncang dunia dengan 2 remaja cerdasnya. Mereka adalah Nando Nofia Hari dan Nurul Inayah Ba’da Maulidya. Dalam ajang International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) di Tbilisi, Georgia, pada 27—29 April 2012, dua murid dari SMAN 10 Malang, Jawa Timur, itu meraih medali emas setelah mengalahkan 107 peserta dari penjuru dunia.

Mereka meraih medali emas berkat penemuan mereka yang fenomenal: mengubah urine menjadi bahan bakar. Mereka tercatat sebagai yang pertama yang membuat urine bisa menggerakkan kendaraan. Dan itu secara langsung menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia tidak kalah dengan dunia luar. Selama kurang lebih 3 tahun mereka meneliti dan menciptakan alat itu. Dengan energi alternatif dari urine, kendaraan dapat melaju hingga mencapai 60 km/jam. Satu liter urine dapat diubah menjadi energi listrik untuk menempuh jarak 17 km.

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: biosend)

Sekadar diketahui, IYIPO merupakan kompetisi internasional untuk penemu muda. Kompetisi ini digelar untuk meningkatkan visi dan kreativitas para ilmuwan muda dalam bidang kimia, biologi, fisika, ilmu lingkungan, dan teknologi informasi.

Dwi Nailul dan Rintya Aprianti

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: treehugger.com)

Setahun setelah Nando Nofia Hari dan Nurul Inayah Ba’da Maulidya membanggakan Indonesia dengan urine sebagai bahan bakar pengganti energi, muncul dua remaja yang juga tidak kalah cerdas dan kreatifnya. Mereka adalah Dwi Nailul dan Rintya Aprianti. Siswi-siswi dari SMA Muhammadiyah 1 Babat, Lamongan, Jawa Timur,  ini menciptakan penyegar udara dari kotoran sapi.

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: tekno.tempo.co)

Dalam ajang Indonesian Science Project Olympiad 2013 yang digelar pada 26—28 Februari, keduanya berhasil meraih juara 1. Berkat prestasi itu, mereka mewakili Indonesia dalam International Environment Project Olympiad 2013 yang digelar pada 17—20 Mei lalu di Istanbul, Turki. Mereka beradu dengan peserta dari 50 negara, antara lain, dari Kanada, Denmar, Finlandia, Jerman, Italia, Portugal, Malaysia, Amerika Serikat, Rusia, dan Polandia. Hasilnya? Mereka meraih juara 3. Hasil penemuan mereka dipatenkan. Alatnya dijual dengan harga Rp21.000,00 atau US$ 2 untuk 225 g.

Hibar Syahrul Gafur

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: brilio.net)

Hibar adalah anak yang berprestasi. Siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Bogor, Jawa Barat, itu mencuri perhatian dunia dalam ajang International Exhibition for Young Investor 2103 yang digelar di Malaysia. Pasalnya ia menciptakan sepatu listrik antipelecehan seksual. Berkat karyanya itu, ia diganjar medali emas untuk kategori “Safety and Health”.

Antonius Wisnu

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: bbc.com)

Untuk kategori “Penemuan dalam Dunia Pangan dan Pertanian” dalam International Exhibition for Young Inventor, Indonesia adalah jawaranya. Adalah Antonius Wisnu, siswa SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, yang melambungkan nama Indonesia setelah meraih emas dalam ajang yang digelar di Malaysia pada tahun 2013 lalu itu. Ia menciptakan sebuah alat yang dapat mendeteksi apakah telur itu busuk atau tidak. Bentuknya seperti senter yang dilengkapi dengan sensor cahaya dan kalibrator. Jika cahaya tembus, lampu hijau akan menyala. Jika tidak, lampu merah akan menyala dan alat berbunyi.

Ia mendapatkan inspirasi untuk menciptakan alat itu ketika melihat ibunya yang sering membuat kue tidak bisa membedakan mana telur yang masih bagus dan mana yang sudah busuk. Alat itu juga bisa digunakan untuk mendeteksi mana minyak goreng yang masih layak dipakai dan mana yang sudah harus dibuang.

Nurina Zahra, Tri Ayu Lestari, dan Elizabeth Widya Niadianita

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: google)

Masih pada tahun 2013. Tiga putri cantik dari SMAN 6 Yogyakarta mengharumkan nama Indonesia dalam International Exhibition for Young Inventor. Dalam ajang yang digelar di Malaysia itu, mereka meraih medali emas untuk kategori “Green Technology” berkat keberhasilan mereka menciptakan prototipe pembersih sampa bernama “Turbin Undershoot Penyaring Sampah”. Hasil penemuan mereka jelas sangat membantu masyarakat dalam usaha membersihkan sungai dari sampah. Alat ini dapat menarik sampah, mengangkatnya, dan mengumpulkannya di bak penampung.

Iqbal Fauzi dan Aristio Kevin Ardyaneira Pratama

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: merdeka.com)

Remaja lain yang juga membanggakan Indonesia di level dunia adalah M. Iqbal Fauzi dan Aristio Kevin Ardyaneira Pratama. Pelajar dari SMA 3 Semarang itu menciptakan rompi antipeluru yang terbuat dari sabut kelapa. Dalam 2nd International Science Project Olympiad 2014 lalu, mereka merebut medali perak dengan penelitian yang diberi judul “Stab Resistant and Ballistic Vest Made From Coconut Fiber”.

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: tribunnews.com)

Rompi yang mereka ciptakan lebih ringan. Hanya 3 kg jika dibandingkan dengan rompi antipeluru konvensional yang beratnya bisa mencapai 8 kg yang terbuat dari material baja.

Luthfia Adila dan Dayu Laras Wening

Inilah remaja-remaja Indonesia yang mengguncang dunia
(Foto: google)

Medali emas diraih Luthfia dan Dayu dalam International Exhibition for Young Inventor 2014 lalu. Dua pelajar dari SMAN 3 Semarang itu berhasil menciptakan sebuah alat berbentuk tusuk gigi. Namanya Sibodex (Stick of Borax Detector). Alat ini dapat mendeteksi ada atau tidaknya boraks di dalam makanan hanya dalam beberapa detik.

Itulah beberapa dari sekian banyak remaja Indonesia yang membanggakan Indonesia dengan prestasi dan karya. Anak-anak muda seperti mereka harus didukung. Memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan potensi adalah cara paling baik untuk membuat bangsa ini menjadi bangsa yang hebat.

#YUKKpakeYUKK

Baca juga : Pelajar dari Jawa Timur Sulap Serabut Kelapa Menjadi Partisi Lantai

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry