Inilah Perempuan Paling Tinggi di Dunia

News | 14 October 2021

 

Inilah Perempuan Paling Tinggi di Dunia
Rumeysa Gelgi (Foto: Getty Images)

Pada 2014 lalu, tim Guinnes Book of Records terbang ke Turki. Mereka mengunjungi rumah Haydar dan Safiye Gelgi di Provinsi Karabuk. Di situ, mereka mengukur tinggi badan putri Haydar yang bernama Rumesya Gelgi.

Berapa tinggi badan Rumesya? Tingginya mencapai 2,13 m. Dengan demikian, gadis berusia 17 tahun itu dinobatkan sebagai remaja paling tinggi di dunia.

Inilah Perempuan Paling Tinggi di Dunia
Rumeysa diukur oleh tim Guinness Book of Records (Foto: Guinness World Records)

Tujuh tahun kemudian, seperti dikutip YUKK dari Independent, tim Guinness Book of Records kembali ke Turki. Mereka mengukur lagi tinggi badan Rumeysa. Ternyata tinggi badan perempuan yang kini berusia 24 tahun itu bertambah 2 cm. Dengan begitu, Rumeysa memecahkan rekornya sendiri sebagai perempuan paling tinggi di dunia.

Rumeysa menjadi sangat tinggi karena mengidap sindrom Weaver. Sindrom ini ditandai dengan, antara lain, meningkatnya tonus otot, melebarnya mata dan dahi serta telinga, dan kaki mengalami kecacatan. Sindrom ini tercatat sebagai kondisi yang langka karena baru 50 kasus yang pernah dicatat dalam literatur medis.

Inilah Perempuan Paling Tinggi di Dunia
Rumeysa pada usia 4 tahun (Foto: rumeysagelgi.com)

Dalam kesehariannya, dia lebih banyak menggunakan kursi roda. Namun, pada saat-saat tertentu, dia bisa berjalan dengan alat bantu jalan.

“Saya senang karena menjadi berbeda dari orang lain. Ini menarik dan membuatku merasa istimewa,” katanya.

Inilah Perempuan Paling Tinggi di Dunia
Rumeysa dan orang tuanya (Foto: Guinness World Records)

Kondisi yang langka ini membuatnya sering menjadi bahan ejekan dari warga sekitar. Tidak jarang dia dilecehkan. Namun, dia tidak terpukul. Dia justru menggunakan medianya untuk mendorong dan mendukung orang yang lahir dengan kondisi yang langka.

“Setiap kekurangan dapat diubah menjadi keuntungan bagi diri sendiri. Jadi, terimalah diri sendiri apa adanya, sadari potensi diri, dan lakukan yang terbaik,” ungkapnya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry