Inilah Merpati Paling Mahal di Dunia; Harganya Puluhan Miliar Rupiah

News | 18 November 2020
Inilah Merpati Paling Mahal di Dunia; Harganya Puluhan Miliar Rupiah
New Kim (Foto: Francisco Seco/AP)

Sebuah rekor tercipta di Belgia. Seekor merpati balap laku dilelang dengan harga yang fantastis. Harganya mencapai puluhan miliar rupiah.

Burung merpati pemecah rekor itu adalah New Kim. Dikutip YUKK dari Forbes, merpati betina berusia 2 tahun itu dilatih oleh Gaston dan putranya, Kurt Van De Wouwer, di atas loteng di kediaman mereka di Berlaar, dekat Antwerp. Selain New Kim, ayah dan anak itu juga memelihara lebih dari 400 ekor merpati.

Inilah Merpati Paling Mahal di Dunia; Harganya Puluhan Miliar Rupiah
(Foto: Francisco Seco/AP)

Gaston dan putranya memutuskan untuk melelang merpati yang pensiun dari arena balap setelah diberikan gelar sebagai “Best Belgium’s Pigeon” itu di PIPA (Pigeon Paradise), rumah lelang. Lelang dibuka dengan harga awal sekitar Rp3 juta. Selama 2 minggu lelang itu, perlahan harga New Kim naik mencapai $1.5 juta.

Sampai akhirnya, Minggu (15/11) lalu, tercipta rekor itu. Pada menit-menit akhir Minggu itu, muncul dua pembeli dari China dengan nama samaran Super Duper dan Hitman. Keduanya bertarung dengan menaikkan harga hingga angka yang fantastis. Pada akhirnya, seperti dikutip YUKK dari CBS News, pertarungan itu dimenangi Super Duper dengan harga 1,6 juta euro atau setara dengan Rp26,7 miliar.

Inilah Merpati Paling Mahal di Dunia; Harganya Puluhan Miliar Rupiah
Nikolaas Gyselbrecht memegang New Kim (Foto: Yves Herman/Reuters)

Dengan angka itu, New Kim memecahkan rekor yang sebelumnya ditorehkan merpati balap bernama Armando. Sama seperti New Kim, Armando pun dibeli pencinta merpati balap dari China dengan harga 1,2 juta euro pada lelang tahun lalu. Dan diduga kuat bahwa yang membeli New Kim adalah orang yang sebelumnya membeli Armando.

“Rekor harga ini luar biasa karena ini adalah betina. Biasanya jantan lebih berharga daripada betina karena bisa menghasilkan lebih banyak keturunan,” kata Nikolaas Gyselbrecht, CEO dan pendiri rumah lelang PIPA, seperti dilaporkan Reuters.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry