Inilah Laki-Laki Pertama di Dunia yang Hidup dengan Jantung Babi

News | 11 January 2022
Inilah Laki-Laki Pertama di Dunia yang Hidup dengan Jantung Babi
David Bennett dan dr. Bartley P. Griffith (Foto: University of Maryland School of Medicine via BBC)

Bagaimana rasanya jantung babi berdetak di dalam dadamu? Tanyakan itu kepada David Bennett. Dia adalah orang yang tercatat dalam sejarah sebagai yang pertama di dunia yang menjalani transplantasi jantung babi.

“Pilihannya adalah saya mati atau menjalani transplantasi ini. Saya tahu bahwa hal ini tidak ubahnya sebuah perjudian, tapi ini adalah pilihan terakhir saya,” kata lelaki berusia 57 tahun itu sehari sebelum transplantasi dilakukan seperti dikutip dari bbc.com.

Kondisi kesehatan Bennett memang terus memburuk karena masalah jantung yang dideritanya. Para dokter sebetulnya sudah berusaha melakukan transplantasi jantung manusia padanya. Namun, kondisinya tidak memungkinkan dia menerima transplantasi jantung manusia.

Inilah Laki-Laki Pertama di Dunia yang Hidup dengan Jantung Babi
Jantung babi yang akan ditransplantasikan pada Bennett (Foto: University of Maryland School of Medicine via Associated Press)

Atas dasar penilaian bahwa Bennett bisa saja meninggal dunia jika tidak dilakukan tindakan yang tepat, regulator kesehatan Amerika Serikat memberikan dispensasi khusus kepada tim dokter di University of Maryland Medical Center untuk melakukan transplantasi jantung babi kepadanya. Sebelum ditransplantasikan, jantung babi itu telah mengalami modifikasi genetik. Proses transplantasi itu berlangsung selama 9 jam.

Proses transplantasi berhasil dilakukan. Tiga hari setelah operasi itu, Bennett bisa bernapas tanpa bantuan ventilator. Meskipun demikian, dia masih belum sepenuhnya terlepas dari mesin EMCO (Extracorporeal Membrane Oxygenation), sebuah alat yang memompa darah ke seluruh tubuhnya. Dokter berencana untuk perlahan-lahan melepaskannya dari alat itu.

Inilah Laki-Laki Pertama di Dunia yang Hidup dengan Jantung Babi
Proses operasi berlangsung selama lebih dari 7 jam (Foto: University of Maryland School of Medicine via Associated Press)

Jika transplantasi jantung babi kepada manusia ini berhasil, para ilmuwan yakin bahwa terobosan ini akan sangat penting dalam usaha meringankan kekurangan organ donor.

“Ini adalah operasi terobosan dan membawa kita selangkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ. Tidak ada cukup jantung manusia (donor) yang tersedia untuk memenuhi daftar panjang calon penerima,” kata dr. Bartley Griffith yang melakukan transplantasi jantung babi kepada Bennett seperti dikutip dari Reuters.

Inilah Laki-Laki Pertama di Dunia yang Hidup dengan Jantung Babi
(Foto: Pexels)

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa babi dan bukan hewan lain seperti kera? Perlu diketahui bahwa para peneliti sebelumnya telah menggunakan organ primata sebagai bahan percobaan alternatif transplantasi pada manusia dengan pertimbangan bahwa jurang perbedaan gen di antara keduanya tidak terlalu jauh. Namun, dalam perjalanan selanjutnya, para ilmuwan sadar bahwa dengan sejumlah rekayasa genetika, jurang perbedaan gen pada babi dan manusia bisa diatasi. Tambahan lagi ukuran jantung babi mirip dengan ukuran jantung manusia.

Selain jantung, organ lain dari babi pun bisa ditransplantasikan pada manusia seperti ginjal, hati, dan paru-paru. Bahkan sudah sejak dulu para ilmuwan mencangkokkan organ babi pada manusia. Katup jantung babi, misalnya. Organ itu pernah dicangkokkan pada manusia.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry