Inilah Glioblastoma, Jenis Kanker Otak yang Diidap Agung Hercules

Agung Hercules menderita kanker otak stadium 4
Agung Hercules (Foto: Instagram/@agunghercules88)

Cukup sering wajahnya muncul di layar kaca. Cukup sering juga ia tampil dalam beberapa program hiburan di beberapa stasiun televisi. Dalam beberapa acara itu, tidak jarang ia menunjukkan otot bisepnya yang besar.

Dalam beberapa pekan belakangan ini, wajahnya mendadak hilang dari layar kaca. Tidak lagi tampil dalam beberapa program hiburan seperti yang sudah-sudah. Beredar kabar bahwa ia sedang sakit.

Kabar itu bukan isapan jempol belaka. Pemilik wajah itu, Agung Hercules, memang sedang sakit. Dari foto yang diunggah istrinya, Mira, dalam akun Instagram terlihat jelas seperti apa kondisi salah satu pemain sinetron Saras 008 itu. Badannya yang sebelumnya kekar dan berotot terlihat seperti “menciut” begitu saja. Wajahnya juga tidak sesegar sebelumnya.

Agung Hercules menderita kanker otak stadium 4
(Foto: Instagram/@agunghercules88)

Mira mengatakan bahwa suaminya mengidap glioblastoma atau kanker otak stadium 4. Glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM) biasanya diderita orang dewasa. Dan pada umumnya sangat agresif. Dilansir WebMD, sel kanker dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat.

Kanker jenis ini lebih banyak diidap pria dibandingkan wanita. Risikonya makin besar seiring dengan bertambahnya usia. Tumor ganas ini biasanya tumbuh di salah satu sisi otak dan menyebar melalui serat saraf penyambung (corpus callosum) ke sisi otak lainnya.

GBM diketahui sangat jarang menyebar di luar otak. Karena sel kanker tumbuh dengan cepat, tekanan pada otak adalah gejala pertamanya. Gejala lainnya adalah sakit kepala yang konstan, kejang, muntah, perubahan suasana hati atau kepribadian, pandangan menjadi kabur atau ganda, kesulitan berbicara, tidak bisa berpikir, dan beberapa gejala lainnya.

Agung Hercules menderita kanker otak stadium 4
Agung dikunjungi Peppy (Foto: Instagram/@agunghercules88)

Glioblastoma bisa sangat sulit untuk ditangani karena beberapa sel dapat merespon baik pada terapi-terapi tertentu. Namun, beberapa bisa tak berefek sama sekali. Karena itu, perencanaan pengobatan bagi glioblastoma mungkin akan mengombinasikan beberapa pendekatan,” tulis situs Asosiasi Tumor Otak Amerika Serikat.

Saat ini, pelantun lagu Astuti itu masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang. Ia terlihat bersemangat menjalani perawatan itu. Dukungan datang dari banyak orang. Sejumlah sahabat selebritasnya sudah mengunjunginya di rumah sakit.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry